Februari Pelalawan Panen Raya

Saat melakukan peninjauan di lapangan, Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura (DKPTPH) melihat hampir seluruh daerah di Pelalawan, padinya sudah mulai menguning dan daunnya sudah mulai mengering.

“ Ini menandakan bahwa padi sebentar lagi sudah siap dipanen. Dan jika tidak ada aral melintang, Bulan Februari 2021, Kabupaten Pelalawan akan melaksanakan panen raya. Dan untuk tahun ini, pelaksanaan panen raya akan dipusatkan di Desa Teluk, Kecamatan Kuala Kampar,” ucap  PLT Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Pelalawan Budi Surlani S.Hut seperti dikutip monitorriau.com pada Selasa (19/1/2021).

Panen raya sendiri seperti dituturkan Budi, akan dihadiri oleh Gubernur Riau H.Syamsuar.” Untuk itulah mengenai kepastian tanggalnya belum dapat kami umumkan, mengingat kami juga belum mendapatkan jawaban dari Pemprov Riau,” kata Budi Surlani.

Terkait dengan berapa luas lahan yang akan dipanen, Budi mengatakan untuk Kecamatan Kuala Kampar luasnya 450 Hektar dan untuk wilayah lainnya masih menunggu laporan dari staf yang bertugas di lapangan. “ Namun untuk jenis padi yang akan dipanen adalah organik,” tegas Budi.

Budi dalam kesempatan ini juga menyampaikan mengenai kondisi petani. Menurut Budi, banyak petani yang mengeluh mengenai kurangnya alat pertanian seperti alat mesin pertanian (Alsintan) tractor roda empat, dan combine harfester yang besar. “ Alat itu sebenarnya ada, tetapi kita masih banyak kekurangan. Untuk itulah kami mengajukannya kepada Pemerintah Provinsi dan Pusat agar diberi bantuan. Namun hingga saat ini masih belum mendapatkan jawabannya. Kami berharap dengan adanya panen raya ini, Pemerintah Provinsi bisa mengabulkan keinginan kami,” tutup Budi.(Hs)
 

Related posts