Halsel Kembangkan Potensi Pariwisata Lewat Digitalisasi dan Infrastruktur

Jakarta, GPriority.co.id – Halmahera Selatan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan melakukan digitalisasi untuk mempromosikan sektor pariwisata. Seperti disampaikan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Halmahera Selatan, pada kegiatan Apkasi Otonomi Expo 2022.

Pengunjung yang ingin melihat informasi seputar destinasi wisata di Halsel bisa langsung mengakses website Halsel dengan menscan barcode yang ada pada stand Kabupaten Halmahera Selatan di Apkasi 2022.

Website yang beralamatkan halmaheraselatan.com ini menyediakan informasi lengkap terkait pariwisata di Halsel, mulai dari destinasi hingga informasi perjalanan seperti biaya, waktu tempuh, jadwal penerbangan, hingga rute dan transportasi ke lokasi wisata.

“Barcode ini disediakan kepada pengunjung agar informasi-informasi terkait dengan pariwisata Kabupaten Halsel bisa dilihat di sini. Mulai perjalanannya, biayanya, waktu tempuhnya. Misalnya dari Jakarta ke Ternate seperti apa dan dari Ternate ke Halmaera Selatan seperti apa, itu ada semua di sini.” Ungkap Kadis Pariwisata itu.

Menurut Kadis Pariwisata, kabupatennya itu memang tengah berupaya menggenjot sejumlah destinasi pariwisata seperti Pantai Nusara, Pulau Talawe, dan Danau Manggayoang. Dinas Pariwisata menargetkan setidaknya 100 – 200 orang pengunjung di tahun depan.

Selain pariwisata alam, Halsel juga berupaya meningkatkan kualitas desa mandiri, salah satunya dengan menyediakan infrastruktur di Desa Wisata Amasing Kota dan desa-desa lainnya. Desa Amasing Kota merupakan salah satu desa terpilih dalam 100 desa terbaik ADWI 2022 yang diselenggarakan Kemenparekraf.

“Kami akan menyediakan infrastruktur yang ada di Amasing Kota. Kemudian untuk desa-desa lain juga harus kita ekspos. Jadi seperti Desa Wayamiga memiliki spot Danau Manggayoang. Itu yang rencananya akan di tata pemda.” Ungkapnya lagi.

Pada kesempatan itu, Kabupaten Halsel juga memamerkan komoditas unggulan lainnya seperti batu bacan. Batu bacan atau batu akik menjadi salah satu komoditas paling terkenal khas Halmahera Selatan. Sejak Presiden ke-6 Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono menghadiahkan kepada Presiden AS saat itu, Barack Obama batu bacan.

Apkasi Otonomi Expo 2022 merupakan suatu pameran potensi kabupaten dari seluruh Indonesia sebagai salah satu strategi dalam rangka upaya pemulihan ekonomi daerah yang diharapkan berdampak pada pemulihan ekonomi nasional. (Vn.Foto.Hs)

Related posts