Heru Dukung Penerapan e-Court, Sebut Permudah Layanan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta

Jakarta, GPriority.co.id – Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mendukung Pengadilan Tinggi DKI Jakarta agar semakin mengoptimalkan digitalisasi penerapan pengadilan melalui e-court.

Menurut Heru, e-court menjadi langkah positif untuk memangkas proses peradilan secara hemat biaya dan hemat waktu, serta bisa mengurangi jumlah orang yang berkunjung secara fisik ke kantor pengadilan tinggi.

Selain itu, kata dia hal itu sesuai dengan Peraturan Mahkamah Agung Nomor 7 Tahun 2022 tentang Administrasi Perkara dan Persidangan secara elektronik, yang mengimbau semua jenis perkara dapat dilakukan secara e-court.

“Saya berharap, e-court dapat disosialisasikan secara berkala di berbagai platform agar warga Jakarta lebih mengenal pembaruan sistem ini,” ujar Heru saat menghadiri acara Refleksi Kinerja Pengadilan Tinggi DKI Jakarta Tahun 2023, Kamis (4/1).

Disamping itu, Heru juga mengapresiasi atas terselenggaranya Laporan Tahunan Kinerja Pengadilan Tinggi DKI Jakarta dan jajarannya.

“Laporan ini merefleksikan kembali kinerja penegakan hukum di wilayah Provinsi DKI Jakarta, sekaligus menjadi momen evaluasi bersama,” kata dia.

Dalam kesempatan tersebut, Heru juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), yaitu Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, Polda Metro Jaya, dan Kodam Jaya atas kerja sama yang telah terjalin selama tahun 2023.

“Pertemuan ini juga menjadi salah satu momentum untuk memperkuat sinergi antara Forkopimda dengan penegak hukum di Provinsi DKI Jakarta demi menciptakan Jakarta yang aman, damai, dan sejahtera,” jelasnya.

Foto: PPID DKI Jakarta