IFEX 2024 Optimis Berkontribusi Positif dalam Pertumbuhan Ekonomi

Jakarta, GPriority.co.id – Pameran Indonesia International Furniture Expo (IFEX) 2024 resmi dibuka pada Kamis (29/2) di Jakarta International Expo, Kemayoran. Tahun Ini, IFEX 2024 optimis bisa berkontribusi positif dalam pertumbuhan ekonomi nasional.

“Setiap tahun IFEX memberikan kontribusi yang cukup signifikan bagi pertumbuhan industri dan pertumbuhan ekonomi secara umum. Kami yakin tahun ini pun IFEX bisa memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi kita,” ujar Ketua Umum Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI), Abdul Sobur dalam pembukaan IFEX 2024, Kamis (29/2).

Abdul mengatkaan produk-produk unggulan yang ditampilkan pada IFEX selalu menjadi incaran buyers internasional dan nilai ekonomi yang dihasilkan dari nilai ekspor cukup tinggi. Dia yakin industri furnitur bisa terus menunjukkan kinerja yang positif sepanjang tahun 2024.

Disamping itu, Abdul Sobur menargetkan IFEX 2024 menarik 13 ribu pengunjung dari 100+ negara di dunia.

Sementara itu, Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, dalam sambutan yang dibacakan oleh Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian, Reni Yanita mengatakan, Indonesia memiliki banyak keunggulan misalnya dalam hal ketersediaan bahan baku, keunikan desain dan inovasi produk, kemampuan SDM, dan lain-lain.

“Para pemain industri harus bekerja sama untuk merealisasikan target ekspor produk furnitur kita. Pemerintah akan mengawal dan mendukung pertumbuhan ini melalui kebijakan yang pro industri. Kami juga terus berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memastikan ketersediaan bahan baku, pemberian insentif untuk investasi dan ekspor, dan dukungan terhadap berbagai upaya promosi, termasuk penyelenggaraan IFEX ini,” ujar Agus Gumiwang.

Ia berharap IFEX terus menjadi pameran furnitur B2B terdepan di dunia yang menjadi acuan bagi para pemain industri furnitur dunia.

Disisi lain, ia juga mengajak pemain industri untuk menampilkan produk berkualitas, stylish, sustainable, dan ramah lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan buyers. Pada kesempatan tersebut, Menperin juga memberikan apresiasi terhadap HIMKI yang konsisten mendukung pertumbuhan dan perkembangan industri furnitur Indonesia.

Sebagai informasi, IFEX 2024 hadir dengan tema REAL yaitu Reflection on Culture, Experiencing the Comfort, Adapting to Sustainability, dan Leading the Innovation. Melalui tema ini, HIMKI dan Dyandra Promosindo mengajak pelaku industri untuk menciptakan produk inovatif dengan desain yang kental dengan nilai budaya dan keindahan alam Indonesia sekaligus tetap mengedepankan kenyamanan.

Selain pasar-pasar tujuan ekspor tradisional seperti Amerika dan Eropa, HIMKI juga terus mengembangkan tujuan ekspor ke emerging market seperti India, Timur Tengah, dan Afrika. Penyelenggaraan IFEX menjadi platform yang tepat untuk memperkenalkan dan mendorong ekspor produk furnitur dan kerajinan Indonesia ke pasar ekspor di atas.

Selain pameran, IFEX 2024 juga kembali menghadirkan beberapa program unggulan seperti VIP Buyers program, IFEX Buyers & Exhibitors Nite, seminar, dan penghargaan untuk booth terbaik. Tersedia juga beberapa layanan dan fasilitas pendukung seperti shuttle bus gratis, business lounge, ruangan medis, layanan kursi roda, layanan penerjemah, dan lain-lain.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan melakukan registrasi pada Indonesia International Furniture Expo 2024, dapat diakses melalui situs https://ifexindonesia.com/ atau instagram @ifex_id. Registrasi juga bisa dilakukan langsung di lokasi pameran dengan biaya masuk Rp165.000 (29 Februari – 2 Maret) dan Rp100.000 (3 Maret) per orang.

Foto: Ifex 2024