Indonesia Puncaki Klasemen Sementara Perolehan Medali ASEAN University Games 2024

Jakarta, GPriority.co.id – Kontingen Indonesia berhasil memuncaki klasemen sementara perolehan medali ASEAN University Games (AUG) 2024. Kontingen Merah Putih mengoleksi 43 emas, 33 perak dan 21 perunggu per Jumat (28/6), total Indonesia telah mengumpulkan 97 medali.

Di Bawah Indonesia, bertengger Malaysia dengan raihan 10 emas, 9 perak dan 15 perunggu. Kemudian disusul oleh Thailand dengan raihan 8 emas, 11 perak dan 4 perunggu. Dan diikuti oleh Vietnam dengan 4 emas, 0 perak dan 2 perunggu.

Ketua Kontingen Indonesia di AUG 2024, Del Asri, raihan medali sementara Indonesia itu melebihi ekspetasi dirinya. Pencapaian ini jauh unggul dari anggota negara-negara lainnya di ASEAN.

“Tapi tentu kita tentu tidak boleh lengah, karena saat ini baru hari kedua, Masih banyak nomor yang akan dipertandingkan,” ujar Del Asri dalam keterangannya dilansir pada Sabtu (29/6).

Del Asri berharap, catatan positif itu bisa menjadi motivasi bagi atlet-atlet lain yang bertanding di hari berikutnya untuk menorehkan prestasi terbaik.

Persiapan yang matang menjadi salah satu kunci keberhasilan Indonesia. Del Asri mengatakan para atlet telah berlatih jauh sebelum pertandingan AUG 2024 dimulai.

Begitu juga proses pemilihan atlet, skuad Indonesia memiliki beberapa kriteria. Pertama, mengutamakan atlet nasional yang berstatus mahasiswa. Kedua, mengutamakan atlet mahasiswa yang pernah mendapatkan medali di World University Games dan AUG 2022. Ketiga, atlet yang juara Pomnas.

Sebagai informasi, AUG merupakan pentas olahraga dua tahunan yang melibatkan atlet mahasiswa dari perguruan tinggi negara-negara anggota ASEAN. Gelaran pekan olahraga itu, berlangsung pada 25 Juni – 6 Juli 2024.

Foto: Tim Judo Indonesia di AUG 2024 – Humas UNAIR