Shin Tae-Yong, Ivar Jenner, Justin Hubner Disanksi AFC, Kenapa?

Jakarta, GPriority.co.id – Komite Etik dan Disiplin (Komdis) AFC menjatuhkan sanksi denda kepada pelatih dan dua pemain Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, Justin Hubner, dan Ivar Jenner karena dianggap mengungkapkan kalimat tak pantas terkait hasil pertandingan di ajang Piala Asia U23. Mereka didakwa melanggar Pasal 50 dari Kode Disiplin dan Etik AFC.

Pelanggaran diduga dilakukan ketiganya usai kekalahan Timnas Indonesia atas Qatar dengan skor akhir 0-2. Wasit Nasrullo Kabirov yang memimpin pertandingan dianggap lebih condong ke Qatar. STY saat itu memang memberikan komentar keras terkait kepemimpinan wasit.

STY dianggap melanggar kode disiplin dan etik AFC karena membuat komentar yang mempertanyakan kompetensi dan integritas wasit pada konferensi pers usai laga Qatar vs Indonesia. Ia dijatuhi denda USD 7.500 atau setara Rp 122 juta.

Sementara Ivar Jenner dan Justin Hubner didenda karena mengunggah konten di media sosial terkait integritas hasil laga. Keduanya dikenakan sanksi denda sebesar USD 5.000 atau setara Rp 81 juta.

Denda tersebut wajib dibayar 30 hari sejak keputusan dibuat, Kamis (27/6). Adapun total denda dari ketiganya adalah Rp 284 juta.

Foto : PSSI