Ini Gereja Terbesar di Indonesia

Gereja merupakan tempat ibadah umat kristiniani. Definisi kata ‘gereja’ dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah gedung (rumah) tempat berdoa dan melakukan upacara agama Kristen.

Menurut data Direktorat Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri, di Indonesia ada sebanyak 28,82 juta jiwa atau 10,58 persen masyarakat Indonesia memeluk agama Kristen baik Katolik maupun Protestan. Meskipun agama Kristen bukan mayoritas di Indonesia, namun ada banyak gereja di Indonesia berkapasitas ribuan jemaat. Berikut ini lima gereja terbesar di Indonesia berdasarkan kapasitas jemaat.

1. Gereja Bethany Surabaya (Jawa Timur)

Bethany Nginden merupakan sala satu gereja yang cukup terkenal, karena merupakan sebuah gedung gereja yang terbesar di Asia Tenggara dengan kapasitas jemaat sebesar 35.000 orang. Sinode Gereja Bethany Indonesia, atau Bethany merupakan sebuah Sinode yang berbadan hukum gereja Indonesia dan berpusat di Jalan Manyar Rejo II nomor 36-38, Surabaya. Bethany merupakan salah satu gereja dengan teologi karismatik dengan denominasi Pentakostal. Gereja ini merupakan anggota dari Persekutuan Injili Indonesia (PII).

2. JKI Kerajaan Allah Semarang (Jawa Tengah)

Gereja JKI Kerajaan Allah berada di Jalan Arteri Utara, Komplek Grand Marina, Semarang. Terkenal akan kemegahan arsitekturnya, gereja ini dapat menampung hingga 12.000 jemaat. Gereja ini memiliki gedung sekolah SD, SMP, SMA, Sekolah Tinggi Theologia (STT), stasiun televisi lokal bernama TA TV, dan siaran radio lokal bernama El Shadai FM. Untuk jadwal kebaktian di gereja, dibagi menjadi 3 jadwal dengan 6.000 jemaat yang hadir pada tiap waktu kebaktian. Selain di Semarang, gereja ini memiliki cabang di Yogyakarta dengan daya tampung 1.500 jemaat.

3. GBI Mawar Sharon Kelapa Gading (DKI Jakarta)

GBI Mawar Sharon berada di Jl. Hybrida Timur, Kelapa Gading Permai, Jakarta Utara. Gereja ini memiliki 5 sekretariat gereja, 5 sekolah evangelist, dan bangunan untuk pendidikan di lantai 5. Pada tahun 2004 gereja ini melakukan pembangunan kembali hingga sanggup menampung 10.000 jemaat.

4. Gereja Reformed Injili Indonesia (DKI Jakarta)

Memiliki nama lain Katedral Mesias berada di di Jalan Industri Blok B-14 nomor 1, Kemayoran, Jakarta Pusat. Berdiri di atas lahan seluas 12.000 meter persegi, gereja ini diperkirakan dapat menampung sekitar 7.000 jemaat. Gereja Reformed Injili Indonesia menjadi ikon tempat ibadah dengan desain arsitektur yang megah dan atap gereja menyerupai kubah berwarna biru. Bangunan yang ada di kompleks gereja diantaranya Aula Mesias Katedral berkapasitas 4.800 jemaat, Aula John Calvin 2.200 jemaat, ruang aktivitas belajar mengajar anak-anak, dan ruang lainnya untuk kaum muda.

5. GBI Rock Denpasar, Bali
GBI Rock Denpasar berada di Jalan Antasura, Peguyangan Kangin, Denpasar, dengan kapasitas lebih dari 5.000 jemaat. merupakan salah satu gereja dengan aliran karismatik di Indonesi. Gereja ini awalnya sanggup menampung 4.500 jemaat, namun pada tahun 2006 dilakukan pembangunan kembali hingga dapat menampung sekitar 5.400 jemaat. (Dw.foto.dok. Ist)

Related posts