Ini Pesan Xavi untuk Pelatih Baru Barcelona

Jakarta, GPriority.co.id – Xavi Hernandez mengingatkan pelatih baru Barcelona bahwa tidak mudah melatih klub yang memiliki masalah keuangan di tengah kompetisi Liga Spanyol yang semakin ketat.

Xavi dipecat pada Jumat (24/5) setelah mengakhiri musim tanpa piala. Barcelona finis posisi dua klasemen La Liga dengan selisih 10 poin dari Real Madrid yang menjadi juara musim ini. Barcelona belum mengumumkan siapa pelatih baru pengganti Xavi, namun pelatih asal Jerman Hansi Flick diperkirakan menjadi nahkoda baru di Camp Nou.

“Mereka harus tahu bahwa mereka menghadapi situasi yang sulit, karena Barca adalah klub yang kesusahan dengan kondisi keuangan yang buruk. Itu tidak akan mudah sama sekali,” kata Xavi dilansir dari AFP pada Senin (27/5).

Mantan gelandang Barcelona dan timnas Spanyol itu menyayangkan sikap klub yang seolah tidak menghargai kinerjanya yang sudah membangun Barcelona dari papan tengah hingga ke posisi kedua.

“Saya pikir pekerjaan yang telah kami lakukan belum cukup dihargai mengingat situasi buruk yang kami alami,” ujar Xavi.

“Barca berada pada urutan sembilan klasemen ketika saya datang, kami kemudian finis di urutan kedua, kami memenangi dua gelar, namun tahun ini kami tidak mencapai standar karena kalah dalam empat pertandingan penting,” lanjut Xavi.

Xavi menjelaskan, empat laga penting yang dimaksud adalah kalah dari Girona, Villarreal dan dua kali takluk di tangan Real Madrid.

Foto: REUTERS/Isabel Infantes