Pemerintah Siap Cairkan Gaji Ke-13 Pensiunan, Kapan Jadwalnya?

Jakarta, GPriority.co.id – Pemerintah siap mencairkan gaji ke-13 untuk para pensiunan PNS, TNI, Polri. Hal ini disampaikan langsung oleh Corporate Secretary Taspen, Yoka Krisma Wijaya.

Yoka mengatakan, pencairan gaji ke-13 dilakukan sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 14 Tahun 2024, yang berisi tentang Pemberian Gaji 13 kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan Tahun 2024.

“Taspen siap menyalurkan gaji ketiga belas kepada penerima pensiun dan penerima tunjangan tahun 2024. Di mana akan mulai pada 3 Juni 2024,” ujar Yoka.

Nantinya, besaran gaji ke-13 yang diberikan kepada penerima pensiun akan sama seperti komponen penghasilan yang dibayarkan pada Mei 2024. Di mana berisi pensiun pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan, dan tambahan penghasilan.

“Bagi penerima pensiun yang berasal dari aparatur negara sekaligus dari pejabat negara, maka gaji ke-13 dibayarkan satu yang nilainya paling besar. Sementara, bagi pensiun sendiri sekaligus penerima pensiun janda/duda, maka gaji ketiga belas dibayarkan keduanya,” jelas Yoka lebih lanjut.

Yoka pun memastikan bahwa gaji ke-13 tahun 2024 ini tidak dikenakan potongan iuran, kredit pensiun, dan lain-lain kecuali pajak penghasilan. Menurutnya, seluruh proses pembayaran akan dilakukan secara otomatis ke rekening setiap penerima.

“Penyaluran gaji ketiga belas ini merupakan bentuk komitmen Taspen sebagai BUMN pengelola dana pensiun dalam menjalankan tugasnya. Sekaligus mewujudkan masyarakat khususnya pensiunan yang sejahtera dan berdaya,” tutur Yoka dalam keterangan resminya.

Foto : PT. Taspen