Investasi Bergeliat, Kutim Duduki Peringkat 3 Investment Award 2023

Penulis : Haris | Editor : Lina F | Foto : dok.pribadi

Bali, GPriority.co.id-Bertempat di Ballroom Ball Convention Center Bali, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kalimantan Timur (Kaltim), Kamis (25/5) menggelar Investment Award 2023.

Acara yang baru digelar pertama kalinya untuk memberikan apresiasi kepada daerah yang berhasil memajukan Kaltim melalui investasi.

Salah satu penerima Anugerahnya adalah DPMPTSP Kutai Timur (Kutim). Dijelaskan oleh Kepala Dinas Teguh Budi Santoso dalam perbincangan melalui WhatsApp, Senin (29/5), “Alhamdulillah dalam gelaran ini, Kutim menempati peringkat ke-3 dari 10 kabupaten/kota yang ada di Kaltim. Untuk peringkat pertama ditempati Balikpapan dan kedua Kutai Kartanegara,” ucap Teguh yang menerima langsung penghargaan tersebut pada Kamis Malam.

Menurut Teguh, penghargaan ini diberikan karena nilai investasi Kutim berada di angka Rp. 12,48 T dari target Provinsi Kaltim senilai Rp. 54 triliun,” Geliat investasi ini mengantarkan Kutim menempati posisi 5 nasional (PMDN) dan Peringkat 10 PMA, ” ucap Teguh.

Raihan yang bagus ini menurut Teguh tidak membuatnya berpuas diri, justru menjadi motivasi DPMPTSP Kutim untuk terus menambah investor masuk ke Kutim.

“Saat ini yang sudah masuk ke Kutim, Kobexindo Cement, Thiess, Pama, KPC dan perusahaan lainnya. Ke depan harus lebih daripada itu. Guna mewujudkannya, ada strateginya,” tutur Teguh.

Strategi pertama dijelaskan oleh Teguh, mendorong investasi dibidang hilirisasi pertanian dan juga pariwisata.

Langkah kedua adalah menyusun dokumen IPRO (Investment Project Ready to Offer.

“Tujuannya untuk menyajikan kemudahan dan keuntungan dengan berbagai analisa risiko sehingga menjadi informasi yang jelas bagi investor yang akan menanamkan modalnya di wilayah Kutim yang menjadi salah satu penyangga IKN,” ucapnya.

Menutup perbincangan, Teguh menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati, Wakil Bupati dan seluruh ASN dan OPD di Kutim. Berkat kerja sama dan gotong royong. Nilai investasi di Kutim makin meningkat terus dalam tiap tahunnya.

Sekedar informasi, selain DPMPTS, sejumlah perusahaan di Kutim seperti dituturkan Teguh juga meraih penghargaan. Penghargaan diberikan kepada Kobecindo Cement, Thiess, PT. PAMA dan PT. KPC. (Adv)