Jenis Ikan yang Baik untuk Ibu Hamil dan Kecerdasan Janin

Ikan merupakan bahan makanan yang kaya akan protein, mineral, lemak sehat, asam lemak omega-3 dan vitamin K yang sangat dibutuhkan tubuh.

Ikan yang kaya akan nutrisi tersebut baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan pertumbuhan janin di dalam rahim. Kandungan protein serta asam lemak omega-3 yang tinggi pada ikan menjadikan makanan ini baik untuk mendukung perkembangan otak janin dalam kandungan.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pun merekomendasikan 4 jenis ikan yang baik untuk ibu hamil dan kecerdasar janin.

1. Ikan Mujair

Merupakan Ikan air tawar dan kaya akan nutrisi untuk ibu hamil, dan mudah ditemukan di supermarket maupun pasar tradisional. Dalam 100 gram ikan mujair, terdapat sekitar 26 gram protein. Kandungan lainnya seperti vitamin B, fosfor, kalsium, selenium, dan kalium menjadikan ikan ini baik untuk dikonsumsi. Nutrisi tersebut sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan pertumbuhan jaringan tubuh, otak, dan pertumbuhan tulang janin. Serta mendukung pertumbuhan jaringan payudara dan rahim ibu selama masa kehamilan.

2. Ikan Lele

Ikan lele merupakan ikan yang rendah kalori dan merkuri, sehingga aman untuk dikonsumsi ibu hamil. Kandungan yang ada pada lele terbukti dapat membantu pertumbuhan dan memperbaiki jaringan otot hingga mencegah darah rendah pada ibu hamil. Ikan lele juga mengandung banyak nutrisi penting seperti protein, vitamin B12, selenium, fosfor, zat besi, serta asam lemak omega-3 dan omega-6.

3. Ikan Sarden
Memiliki gizi dan berguna memperkuat janin. Rendah merkuri sehingga aman untuk ibu hamil, memiliki protein tinggi dan sangat dibutuhkan. Kandungan omega-3 nya baik untuk pertumbuhan tak dan mata. Kandungan lainnya pada ikan sarden diantaranya kalsium, yodium, hingga vitamin D dan kandungan baik lainnya untuk kesehatan janin dan juga ibu.

4. Ikan Teri

Kandungan nutrisinya baik dikonsumsi dan dibutuhkan oleh ibu hamil sebagai penunjang pertumbuhan tulang dan gigi pada janin. Ikan ini juga rendah merkuri sehingga aman untuk dikonsumsi ibu hamil. Ikan teri kaya akan protein, omega-3, vitamin B, vitamin E, dan mineral seperti kalsium, zat besi, kalium, magnesium, selenium, dan zinc. (Dw.foto.dok.KKP)

Related posts