Kampanyekan Kebaya Goes to UNESCO, Ini Pesona Artis Indonesia dalam Balutan Kebaya

Jakarta,GPriority.co.id – Aktris cantik Indonesia, Dian Sastrowardoyo telah menginisiasi sebuah gerakan positif untuk wanita Indonesia dalam bangga menggunakan pakaian tradisional kebaya dalam kampanye ‘Kebaya Goes to UNESCO’ pada hari Jumat, (29/7/2022).

Dalam jumpa pers yang dilakukannya di Hotel Indonesia Kempinski, Dian Sastro mengungkapkan bahwa kebaya merupakan identitas wanita Indonesia. Ia juga menuturkan bahwa kebaya harus didaftarkan menjadi warisan budaya tak benda milik Indonesia agar tidak diklaim negara lain.

“Kita perlu banget mendaftarkan ke UNESCO bahwa kebaya itu adalah warisan budaya tak benda milik Indonesia, tapi kalau kita mau mendaftarkan ini ke warisan budaya tak benda Indonesia kita tuh harus buktikan dulu kepada UNESCO bahwa memang orang Indonesia itu banyak yang pakai kebaya,” kata Dian Sastro dalam pernyataannya.

Ia menambahkan, pakaian kebaya saat ini hanya diperuntukkan pada acara-acara khusus saja seperti kondangan, wisuda, dan pernikahan. Penggunaan kebaya untuk kegiatan sehari-hari seperti orang-orang tua zaman dahulu belum jamak dilakukan perempuan saat ini.

“Mungkin ada banyak teman yang sudah biasa pakai kebaya tiap hari tapi kan pakainya sendiri. Mumpung lagi suka pakai kebaya, kita daftarkan foto menggunakan kebaya upload di website tradisikebaya.id dengan hastag Kebaya Goes To Unesco,” tambahnya.

Selain Dian Sastro yang nampak anggun dan mempesona dalam balutan kebaya, ada pula artis-artis kelahiran Indonesia lainnya yang juga sangat cocok menggunakan kebaya. Berikut artis Indonesia yang tampak anggun dengan memakai kebaya:

1. Dian Sastro

2. Maudy Ayunda

3. Prilly Latuconsina

4. Ashanty

5. Dita Karang

6. Bunga Citra Lestari

7. Raisa

Selain untuk mempercepat pendaftaran kebaya sebagai warisan Indonesia di UNESCO, kampanye ini juga bertujuan untuk mengungkapkan ciri wanita Indonesia sekaligus mengajak anak-anak muda Indonesia untuk menggunakan kebaya ditengah tren pakaian yang selalu berubah tiap tahunnya. (Hn.)

Related posts