Kandang Ingkung, Rumah Makan Khas Pedesaan

Yogyakarta,Gpriority-Yogyakarta merupakan kota dengan destinasi wisata yang sangat menarik, begitu pula dengan wisata kulinernya yang sangat beragam. Aneka jenis makanan ada di kota ini, termasuk makanan tradisional.

Ada salah satu restoran tradisional yang memiliki konsep unik yang menyatu dengan alam, yaitu Kandang Ingkung yang berada di Balecatur, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Kandang Ingkung adalah sebuah restoran keluarga dengan konsep klasik bernuansa hutan yang asri, tempat makan yang terbuka dengan udara yang segar, ditemani pohon jati yang berdiri tegak memberikan kesejukan yang alami.

Model bangunan yang seperti kandang tradisional, pengunjung bisa lesehan atau bisa menggunakan meja makan, terdapat 300 meja yang tersedia.

Rumah makan yang sudah berdiri sejak 2 tahun yang lalu ini, memiliki menu andalan yang sangat tradisional, yaitu Ingkung Ayam Kampung. Menu ini adalah makanan khas jawa, berbahan dasar utama ayam yang diikat serta dibumbui dengan bumbu tradisional, dan disajikan satu ekor utuh diatas tampah.

Ingkung ini biasanya menggunakan ayam jago atau jantan dengan umur tertentu, dan dalam proses memasaknya pun ayamnya diungkep lebih lama. Satu ingkung ayam ini bisa dinikmati 4 – 5 orang, yang didalamnya sudah termasuk nasi gurih. Selain itu ada juga oseng jantung pisang, oseng daun pepaya dan garang asem bambu yang memiliki cita rasa khas Jawa. Untuk cemilannya ada pisang kepok kuning, bakwan jagung spesial, tempe mendoan, tempe garit goreng, dan tahun goreng.

Untuk minumannya juga ada kopi nusantara, yang dipadukan dengan jahe, kapulaga, dan sereh menggunakan tungku yang dimasak dengan kayu bakar. Yang menjadi spesial dari minuman ini adalah, pengunjung bisa menikmati kopi sepuasnya dan bayar seikhlasnya.

Pengunjung yang datang biasanya dari berbagai daerah, seperti Jakarta, Surabaya, Kalimantan dan beberapa wilayah yang ada di Indonesia. Penikmat kuliner dari luar negeri seperti Malaysia pun ikut mencicipi makan tradisional ini.

Restoran ini berdiri di atas lahan seluas 5000 m² yang dibagi menjadi dua, yaitu untuk area restorannya seluar 4000 m², dan area parkiran seluas 1000 m² dengan kapasitas 50 mobil.

Rumah makan ini baru ada di Yogyakarta,  namun owner Kandang Ingkung, Dwi Puguh mengatakan bahwa dirinyya berencana akan membuka cabang di daerah Magelang. “Cabang baru satu di Yogya, rencana segera akan buka bulan juni ini di Magelang, sudah ada beberapa proposal untuk kerja sama di Jakarta dan Jawa barat,” ujar Dwi.

Untuk bisa menikmati makanan khas Jawa ini harganya beragam tergantung paket yang dipesan, untuk paket per-orangan dibandrol seharga Rp.38.000, dan untuk paket ayam ingkung seharga Rp.138.000 bisa dinikmati untuk empat sampai lima orang. Kandang Ingkung ini buka dari jam 10 pagi sampai 10 malam. (Dwi)

Related posts