KLHK akan Gelar Festival LIKE pada 8-11 Agustus 2024, Tampilkan 10 Tahun Pencapaian Kerja

Jakarta, GPriority.co.id – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) siap menggelar Festival Lingkungan, Iklim, Kehutanan dan Energi Baru Terbarukan (LIKE) pada 8-11 Agustus 2024 mendatang. Festival LIKE ini akan menampilkan hasil capaian kerja bersama dalam penanganan lingkungan dan kehutanan, selama 10 tahun era Presidden Joko Widodo (Jokowi).

Perlu diketahui, di tahun ini merupakan kali kedua KLHK mengadakan festival LIKE. Salah satu hal yang akan ditonjolkan dalam festival LIKE 2024 adalah tentang diplomasi perubahan iklim.

“Pak Jokowi sudah 10 tahun bekerja, tentu banyak hal yang kita perbaiki dan kita hasilkan, meskipun juga ada beberapa catatan yang bisa kita pelajari,” Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan Kementerian LHK RI, Sigit Reliantoro pada Jumat (7/6) kemarin, dilansir RRI.

Lebih lanjut Sigit mengatakan, tema yang diusung di Festival LIKE 2 tahun ini yaitu ’10 Tahun Kerja untuk Sustainabilitas’. Menurutnya, tema tersebut adalah wujud refleksi dari upaya-upaya yang telah dilakukan KLHK selama 10 tahun pemerintahan Presiden Jokowi Dodo.

Sementara itu, di tahun lalu Festival LIKE mengusung tema ‘Masyarakat Sejahtera Alam Lestari’. Dimana, lebih menonjolkan tentang bagaimana masyarakat bisa mengakses resources hutan melalui program Perhutanan Sosial.

“Nah, tahun ini kita agak urban, tentang bagaimana inovasi teknologi untuk mitigasi perubahan iklim, teknologi drone untuk mapping resources sumber daya alam. Misalnya, bagaimana kita mengatasi kebakaran hutan dan lahan,” jelas Sigit.

Festival LIKE tahun ini juga akan membahas upaya Indonesia dalam mengurangi permasalahan emisi karbon.”Hal ini yang ingin kita refleksikan kembali menjadi untuk menjadi catatan untuk diwariskan dan diperbaiki di masa mendatang,” tuturnya.

Foto: Ropeg KemenLHK