Klub Milik Erick Thohir, Oxford United Promosi ke Divisi Kedua Liga Inggris

Jakarta, GPriority.co.id – Klub sepak bola milik pengusaha asal Indonesia Anindya Bakrie dan Erick Thohir, Oxford United memastikan diri promosi ke Divisi Championship Inggris atau divisi kedua liga Inggris musim 2024-2025 setelah mengalahkan Bolton Wanderers 2-0 dalam final play-off League One 2023-2024 di Stadion Wembley, Sabtu (18/5) malam.

Dua gol kemenangan Oxford United dicetak oleh Josh Murphy pada menit ke-31 dan ke-42, keduanya berkat assist dari Ruben Rodrigues, demikian catatan resmi pertandingan League One.

Keberhasilan Oxford United promosi ke Divisi Championship disambut gembira oleh Erick Thohir karena merupakan penantian panjang.

“25 tahun menunggu Oxford United untuk pergi ke Championship,” ujar Erick Thohir dalam Instagramnya, Minggu (19/5).

Oxford United menjadi tim ketiga yang berhak promosi ke Divisi Championship, setelah sebelumnya Portsmouth dan Derby County sudah menyegel tempat seusai finis sebagai juara dan runner-up klasemen reguler League One 2023/2024.

Klub berjuluk The Yellows ini menduduki peringkat ke-5 klasemen League One 2023/2024 sehingga berhak tampil di babak playoff bersama tiga tim lain yang ada di posisi 3-6 musim reguler, yakni Bolton Wanderers, Peterborough United, dan Barnsley.

Babak playoff menggunakan format knockout, dengan babak empat besar dilakukan dalam dua leg pertandingan, sedangkan babak final hanya satu pertandingan yang dimainkan di tempat netral, Stadion Wembley.

Dalam babak empat besar play-off, Oxford United menyisihkan Peterborough dengan agregat 2-1. Dalam semifinal leg pertama, Oxford menang 1-0 dan bermain imbang dengan skor 1-1 dalam leg kedua.

Foto: Instagram Erick Thohir (@erickthohir)