Makin Canggih! Microsoft akan Tambahkan Tombol Copilot AI pada Keyboard Windows

Jakarta, GPriority.co.id – Perusahaan teknologi Microsoft mengumumkan terobosan terbaru pada keyboard Windows dalam tiga dekade terakhir. Pada Kamis (4/1), pihaknya menyatakan bahwa tombol AI baru, yang terhubung dengan Microsoft Copilot, akan ditambahkan di laptop dan perangkat lain yang akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Tombol tersebut akan disebut tombol Copilot dan ditempatkan di sebelah kanan bilah spasi. Jika ditekan, maka akan mengaktifkan layanan Copilot yang dirilis Microsoft baru-baru ini.

Layanan AI akan membantu penggunanya dalam berbagai tugas. Seperti merangkum informasi dalam dokumen, menjawab pertanyaan yang akan ditanyak pada mesin pencari, merekomendasikan musik, dan masih banyak lagi.

“Kami percaya ini akan memberdayakan masyarakat untuk berpartisipasi dalam transformasi AI dengan lebih mudah,” ujar Kakil Presiden Eksekutif dan Kepala Pemasaran Konsumen Microsoft, Yusuf Mehdi.

Microsoft sangat antusias dengan kecerdasan buatan. Ini adalah pendukung utama OpenAI, perusahaan teknologi di balik chatbot ChatGPT blockbuster yang pertama kali menarik minat banyak orang terhadap AI.

Penambahan fitur AI khusus ini merupakan komitmen Microsoft dalam bergerak menuju teknologi yang lebih canggih. Perusahaan raksasa teknologi ini juga memasukkan AI generatif ke dalam beberapa produknya. Windows 11 dan mesin pencari Microsoft Bing sudah memiliki fitur ini.

Tombol Copilot diharapkan hadir pada gelombang pertama laptop dan PC Windows 11 mendatang dari perusahaan yang bermitra dengan Microsoft. Microsoft telah mengisyaratkan bahwa pada bulan Februari dan bulan-bulan berikutnya akan terjadi peluncuran perangkat yang lebih besar dengan tombol Copilot.

“Tombol baru ini tidak hanya akan menyederhanakan pengalaman komputasi masyarakat tetapi juga memperkuatnya, menjadikan tahun 2024 sebagai tahun PC AI,” tutur Mehdi pada sebuah postingan blog.

Foto : Forbes