Marullah Matali Jadi Sekda DKI Jakarta

Jakarta—Pada Senin (18/1) silam, Gubernur DKI Jakarta melantik Marullah Matali (Mantan Wali Kota Jakarta Selatan) menjadi Sekretariis Daerah (Sekda) DKI Jakarta di Balai Kota DKI Jakarta.

Marullah Matali dilantik setelah melalui proses seleksi pemilihan Sekda Provinsi DKI Jakarta yang sesuai dengan prosedur dan landasan hukum UU ASN Tahun 2014 dan Permenpan Tahun 2014, serta PP Nomor 11 Tahun 2014 tentang Manajemen PNS, serta mengusulkan rekomendasi untuk seleksi terbuka ke KASN tentang seleksi terbuka jabatan Sekretaris Daerah.

Pelantikan tersebut dihadiri oleh Sekjen Kemendagri RI, Muhammad Hudori; Ketua KASN, Agus Pramusinto; Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria beserta jajarannya; Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi beserta wakil-wakilnya; perwakilan Forkopimda; Anggota DPR RI, Abraham Lunggana; Anggota DPD Perwakilan DKI Jakarta, Sylviana Murni; serta beberapa tokoh masyarakat.

“Perlu saya garisbawahi, mereka yang terlibat dalam proses seleksi adalah juga atas dasar Instruksi Gubernur, bahwa semua yang memiliki dan memenuhi persyaratan diwajibkan mengikuti proses seleksi menjadi Sekda Pemprov DKI Jakarta. Proses itu sudah tuntas. Alhamdulillah, hari ini adalah babak baru, satu sisi menuntaskan proses seleksi, sisi lain memulai kerja besar bersama dengan Sekda yang baru,” ujar Anies Baswedan, seperti yang dikutip dari siaran pers PPID DKI Jakarta, Senin (18/1).

Dalam kesempatan tersebut Anies juga berharap, Marullah dapat menjalankan amanat baru karena tugas yang diembankan bukanlah tugas yang ringan, yakni untuk menjalankan fungsi Sekretaris Daerah di Ibu Kota, terutama saat masa krisis di tengah pandemi COVID-19.

“Kepada Sekda yang baru dilantik, kita masih dihadapkan dengan situasi krisis kesehatan karena COVID-19. Pemprov DKI juga harus bisa mengembalikan kondisi kesehatan – perekonomian yang melemah agar kondisi sosial warga Jakarta bisa berjalan dinamis pada hari-hari ke depan. Selain itu, Sekda juga diminta bisa memastikan koordinasi lintas lembaga pemerintahan di DKI Jakarta berjalan dengan baik. Kemudian, di satu sisi, kita ingin Pemprov DKI Jakarta mengejar target semua terkait pembangunan yang sudah ada baik di RPJMD maupun di KSD maupun di semua arahan-arahan yang terkait dengan pembangunan harus dijalankan dengan sebaik-baiknya dan dalam tempo sesuai dengan rencana, di sisi lain harus membangun suasana kerja suasana yang kolaboratif,” tuturnya.

Sementara itu, Sekda DKI Jakarta, Marullah mengatakan, amanat yang telah diberikan Gubernur Anies akan dijalankan dengan baik, serta mengajak ASN di lingkungan Pemprov DKI Jakarta untuk bersama-sama menanggulangi segala krisis yang diakibatkan oleh pandemi COVID-19.
“Alhamdulillah, dengan amanat baru ini kita mengharapkan seluruh ASN di DKI Jakarta semakin kompak untuk menanggulangi dampak pandemi yang masih belum hilang. Hal ini harus kita tuntaskan agar segala kendala dalam menjalankan Visi dan Misi Gubernur bisa diminimalisir saat masa COVID-19,” tandas Marullah. *** Adma Bestari

Related posts