Melihat Keindahan “Negeri Di Atas Awan” Bukit Arang Desa Lonuo

Jakarta, GPriority.co id– Di Desa Lonuo kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo terdapat sebuah objek wisata yang dijuluki “Negeri Di Atas Awan” oleh warga sekitar. Nama tersebut menjadi istilah yang disematkan untuk menggambarkan keindahan Bukit Arang yang terletak di pinggiran kawasan hutan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone.


Sejak viral pada tahun 2018, Bukit Arang telah menjadi destinasi wisata alam populer di Gorontalo karena menyuguhkan pesona alam berupa deretan pegunungan, kemilau Danau, serta hamparan kabut bagaikan negeri di atas awan.

Sebelum masuk ke kawasan Wisata Bukit Arang, pengunjung harus mendaftarkan diri di pos awal pendakian dan membayar tiket masuk Rp 5.000. Tidak perlu mendaki hingga puncak, pengunjung sudah langsung disuguhkan dengan pemandangan alam sejak tiba di pos pendakian awal.

Di puncak Bukit Arang, pengunjung bisa melihat hamparan daratan Provinsi Gorontalo beserta Danau Limboto yang airnya terlihat kemilau karena pantulan cahaya matahari.

Waktu terbaik menikmati pemandangan dari Bukit Arang adalah pada musim hujan. Meski jalanan menjadi berlumpur dan becek, namun pada waktu hujan lautan awan dan kabut yang akan terus menyelimuti puncak Bukit Arang.

Di sore hari, pengunjung dapat menyaksikan indahnya sunset yang terlihat jelas dari atas bukit, sedangkan pada malam hari, gemerlap cahaya lampu yang menampilkan pemandangan indah Kabupaten Bone Bolango dan Kabupaten Gorontalo, ditemani hamparan bintang dan bulan purnama menjadi pemandangan Bukit Arang.

Selain sebagai destinasi wisata alam, Bukit Arang juga dikenal sebagai surganya wisata paralayang di Gorontalo. Sebab, lokasi ini menjadi satu-satunya di Gorontalo dan sangat diminati oleh para atlit paralayang dari berbagai daerah di Indonesia, seperti dari Jawa, Manado, dan Gorontalo.

Tak hanya menawarkan aktivitas paralayang, Bukit Arang juga menjadi tempat bagi penggiat olahraga sepeda gunung dan camping ground. Adapula wahana menaiki sepeda gantung. Di dekat Bukit Arang juga tersedia homestay untuk pengunjung yang ingin menginap dengan atmosfer pedesaan yang sejuk.

Potensi alam serta fasilitas yang dimiliki oleh Desa Lonuo ini menjadikannya masuk dalam nominasi 50 besar desa wisata terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesi (ADWI) 2022. Lokasi Bukit Arang dapat ditempuh dalam waktu 25 menit dari pusat Kota Gorontalo. (Vn)

Related posts