Jakarta, GPriority.co.id – Berdasarkan arahan dari Presiden Jokowi, Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, mengimbau para Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementrian Agama, agar wajib memberikan pelayanan dan melayani masyarakat yang membutuhkan.
Yaqut menegaskan, agar para ASN Kemenag dapat mempunyai mentalitas melayani, bukan malah minta dilayani.
“Kultur atau budaya minta dilayani itu tidak boleh terjadi di ASN lingkungan Kemenag. Kita harus memiliki mentalitas melayani, dan alhamdulilah pergerakannya dari tahun ke tahun semakin mebaik, hingga kita mendapat penghargaan pelayanan publik terbaik dari ombudsman,” ucap Yaqut pada acara ‘Silaturahmi Bersama Menteri Agama RI’, di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (16/1) kemarin.
Selain menegaskan hal tersebut, Menag Yaqut juga ingin agar ASN Kemenag bersikap profesional dan selalu berhati-hati saat bertugas. Hal ini karena Kementrian Agama menjadi satu-satunya Kementrian yang bernaung dengan nama agama.
Menag Yaqut juga menyebutkan tiga kriteria ASN Kemenag yang baik. 3 kriteria tersebut meliputi ASN harus miliki kualifikasi, miliki kompetensi, dan kinerja yang baik.
Kementrian Agama menjadi salah satu satuan kerja dengan jumlah pegawai yang berlimpah. Jumlah ASN Kemenag sampai saat ini bahkan mencapai 235 ribu lebih jiwa.
Dibawah kepemimpinan Menag Yaqut, Kementrian Agama telah memiliki 7 program prioritas.
7 program prioritas Kementrian Agama, meliputi Penguatan Moderasi beragama,Transformasi digital, Revitalisasi KUA, Kemandirian pesantren, Cyber islamic university, Religiostry index dan Tahun kerukunan.
Foto : Kemenag