Menapak 9 Goa di Kutai Timur, Pusat Warisan Geologi Dunia

Penulis : Dimas | Editor : Lina F | Foto : Istimewa

Jakarta,GPriority.co.id-Kutai Timur (Kutim) memiliki segudang pesona wisata yang menjadi andalan salah satunya wisata Goa.

Warisan geologi ini menawarkan keindahan serta sejarah penting soal peradaban umat manusia yang berada di tanah Kalimantan.

Untuk itu, berikut beberapa goa yang terdapat di Kabupaten Kutai Timur.

1.Goa Maria

Goa Maria terletak di Desa Nehas Liang Bing. Desa yang secara administrasi masuk dalam Kecamatan Muara Wahau – Kutai Timur ini, memang berada di area kawasan gunung karst. Dengan potensi yang dimilikinya, Pemkab Kutim belum lama ini meresmikan Goa Maria tersebut sebagai salah satu tujuan wisata reliji di wilayahnya. Tentu, fungsi utama sebagai tempat peribadatan umat Katolik, tetap prioritas. Goa Maria terletak diantara dua kecamatan, yakni Muara Wahau dan Kongbeng.

2.Goa Tewet

Kawasan Tewet yang termasuk dalam bagian karst Gunung Gergaji pada kawasan karst Sangkulirang Mangkalihat, berada dalam wilayah administratif Desa Tepian Langsat Kecamatan Bengalon Kabupaten Kutai Timur. Akses menuju lokasi sub kawasan ini dari Kota Samarinda dapat ditempuh selama dua hari dengan perjalanan darat dan sungai. Perjalanan dari kota Samarinda menuju Hambur Batu selama sekitar 8 jam dengan kendaraan roda empat dan berjarak ±250 km. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan perahu “ketinting” selama sekitar 3 jam yang berjarak 31,7 km (data GPS Garmin GPS Map 62 SC) dengan menelusuri sungai Bengalon-sungai Jele hingga tepian Tewet yang merupakan basecamp di Tewet.

3. Goa Mardua

Goa ini terletak di sekitar jalan raya Sangkulirang-Muara Wahau, kurang lebih 225 km dari Samarinda. Daya tarik goa ini adalah terdapatnya ornamen stalagtit dan stalagmit yang terjadi karena proses alam selama beratus-ratus tahun. Beberapa stalagtit dan stalagmit tersebut berbentuk sedotan limun (sodastraw stalagtite), mangkuk (canulite), kristal bercahaya (gaudam), lempengan transparan tipis (cave craft), dan bentuk taji ayam.

4.Goa Mengkuris

Goa Mengkuris berada di Desa Batu Lepoq Kecamatan Karangan, didalam situs goa tapak tangan bersejarah yakni Goa Mengkuris ini sudah masuk dalam daftar tentative list World Heritage UNESCO. Daya tarik di kawasan Karts Sangkulirang Mangkalihat memang adalah kawasan karst raksasa. Gambar cadas (Rock Art) atau gambar prasejarah Sangkulirang Mangkalihat menghiasi dinding dan langit-langit yang ada di Karts. Usia dari cadas tersebut diperkirakan 40.000 tahun.

5.Goa Ampas Pandangan

Goa Ampas Pangandan merupakan objek wisata yang lokasinya sedikit bergeser dari Kecamatan Sangatta. Kawasan goa ini terletak kurang lebih 4 hingga 5 jam dari Sangatta, tepatnya berada di daerah Kecamatan Karangan. Goa ini menyajikan pemandangan yang sangat menarik. Terbentuknya goa Ampas Pandangan terjadi melalui proses geologi yang sangat lama.

6. karst goa Ara Raya

Bentangan pegunungan karst Kutim sekitar 150.000 hektare dan tersebar di pedalaman Sangkulirang hingga Karangan, menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Bahkan kekayaan alam yang dimiliki Kutai Timur ini menjadi perhatian dunia.

7. Goa Kongbeng

Gunung Kongbeng Desa Juq Ayaq Kecamatan Kongbeng Kutim merupakan gunung batu karst yang disekitarnya dikelilingi perkebunan kelapa sawit.
Goa Gunung Kongbeng memiliki ruang cukup luas ini salah satu peninggalan Kerajaan Kutai Hindu atau Kerajaan Kutai. Dulu, goa ini pernah digunakan oleh Raja Mulawarman sebagai tempat pemujaan. Di dalam gua terdapat sejumlah patung batu atau arca peninggalan sejarah yang perkirakan berasal dari masa pemerintahan Raja Mulawarman pada abad ke-4 Masehi.

8. Goa Karst Ampanas

Goa Karst Ampanas yang terletak di Desa Pengadaan, Kecamatan Karangan, Kabupaten Kutai Timur, adalah tujuan wisata alam yang menyajikan karya maestro alami gugusan karst.
Mulai dari pemandangan hutan sekitar gunung dan goa karst, mulut goa serta misteri didalamnya, pelancong dapat merasakan sensasi goa alam di tengah belantara Kalimantan.

9. Goa Tapak Tangan Karts Sangkulirang

Karst Sangkulirang-Mangkalihat dengan pesona goa telapak tangan peninggalan tahun 10.000 SM telah menjadi situs bersejarah yang popular di dunia Internasional. Tak sedikit turis asing yang datang hanya untuk menikmati keindahan lukisan tapak tangan di sepanjang dinding goa.

Tak hanya sebuah situs sejarah, jajaran gunung karst yang berbaris di sepanjang Kecamatan Sangkulirang hingga Sandaran, Kabupaten Kutai Timur, juga bisa menjadi tempat olahraga yang menguras adrenalin, wisata pendidikan dan lokasi wisata alam yang indah. Bahkan, beberapa waktu lalu, komunitas panjat dinding menggelar pelatihan di kawasan karst tersebut.