N’Golo Kante Kembali Perkuat Timnas Prancis Meski Tidak Bermain di Eropa

Jakarta, GPriority.co.id – Meskipun telah meninggalkan panggung sepak bola Eropa, N’Golo Kante kembali memperkuat timnas Prancis dalam persiapan untuk Piala Eropa 2024. Pelatih timnas Prancis, Didier Deschamps pada Kamis (16/5) mengumumkan 25 pemain yang akan membela timnas Prancis di turnamen tersebut.

Kante, yang sebelumnya membela klub Inggris Chelsea sebelum bergabung dengan tim Arab Saudi Al Ittihad musim panas lalu, telah absen membela Prancis sejak Juni 2022.

“Ia memainkan musim penuh (Kante mengalami beberapa masalah cedera saat masih membela Chelsea), meski bukan di liga Eropa, sebab ia di Arab Saudi,” kata Deschamps seperti dikutip AFP, Jumat (17/5).

“Ia telah bugar sepenuhnya. Dengan pengalamannya, saya yakin tim Prancis akan semakin kuat dengan adanya N’Golo Kante,” tambahnya.

Keberadaan Kante di skuad Prancis merupakan kejutan, tetapi diakui bahwa pengalamannya akan sangat berharga bagi para pemain muda seperti Warren Zaire-Emery dan Bradley Barcola, yang juga dipanggil ke timnas setelah penampilan bagus mereka bersama juara Liga Prancis, Paris Saint-Germain (PSG).

“Sangat gembira bisa masuk ke dalam daftar, ini merupakan salah satu kompetisi terbaik untuk dimainkan bersama Prancis dan saya sangat gembira dapat mewakili negara saya,” kata Zaire-Emery.

Dia juga menyampaikan terima kasih atas dispensasi istimewa yang diberikan untuk menunda ujian akhir sekolahnya agar dapat memberikan penampilan terbaiknya pada Piala Eropa yang digelar pada musim panas.

“Saya meminta agar dapat melakukannya pada September, agar saya dapat tenang dan fokus kepada sepak bola,” ujarnya.

Setelah kekalahan di final pada 2016 dan eliminasi dini pada 2021, Prancis memasuki Piala Eropa 2024 sebagai salah satu tim favorit untuk meraih gelar.

Mereka akan memulai petualangan mereka di Jerman pada 17 Juni dengan melawan Austria, kemudian menghadapi Belanda empat hari kemudian, dan menyelesaikan fase grup dengan pertandingan melawan Polandia pada 25 Juni.

Foto: GOAL