Pemkab Tuban Luncurkan Program 311 Desa Digital

Pemerintah Kabupaten Tuban, Jawa Timur meluncurkan program 311 Desa Digital menuju Tuban Smart City di Balai Desa Sugihan, Kecamatan Jatirogo, Rabu (22/12/2021).

Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, SE, mengungkapkan bahwa program desa digital dan smart city menjadi perwujudan pelaksanaan visi misi Kabupaten Tuban, yakni Memantapkan Tata Kelola Pemerintah Daerah yang Baik, Profesional, Transparan, Akuntabel dan Sistem Pengawasan yang Efektif.

“Tujuannya, mendukung percepatan pelayanan kepada masyarakat secara efektif dan efisien. “Saya sampaikan apresiasi kepada pemerintah desa yang telah memberikan pelayanan berbasis teknologi informasi,” katanya.

Ia menuturkan bahwa Pemkab Tuban saat ini tengah melakukan sinkronisasi data melalui program Tuban Satu Data. Program tersebut akan menjadi pusat data terpadu yang mencakup seluruh data Kabupaten Tuban, hingga tingkat pemerintah desa.

Pihaknya juga akan membuat Command Center sebagai wadah mengelola data, dan sebagai medium bagi masyarakat menyampaikan saran dan keluhan.

“Terkait program Layanan Dekat Masyarakat, pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) tidak difokuskan di kantor Disdukcapil Tuban, melainkan disebar di tiap kantor kecamatan. Selanjutnya, akan dievaluasi untuk dikembangkan hingga di tingkat desa,” tuturnya.

Pemanfaatan teknologi pada penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Tuban akan memudahkan masyarakat dalam mengurus keperluaannya, dan mendukung peningkatan perekonomian masyarakat. (Dw.fot.dok.Humas Tuban)

Related posts