Pj. Gubernur Papua Barat Dukung Penerbitan Inpres yang Mengatur Layanan Dasar Masyarakat

Jakarta, GPriority.co.id – Pejabat (Pj.) Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere mendukung penerbitan Instruksi Presiden (Inpres) yang mengatur pelayanan dasar masyarakat. Layanan dasar yang dimaksud yakni, pendidikan, kesehatan hingga infrastruktur.

Menurut Ali Baham, penerbitan Inpres penting dilakukan, mengingat selama ini di Pemda khususnya terkait anggaran mengalami kesulitan.

“Sehingga tidak lagi berusaha sendiri, menghubungi Kementerian untuk mencari anggaran, untuk pelayanan – pelayanan dasar ini, tetapi sudah betul – betul pasti dan terukur ,” kata dia usai mengikuti Rakorgub Bappenas di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Selasa (2/4).

Lebih lanjut, Mantan Sekda Fakfak itu berharap dengan dibuatnya Inpres serta kepemimpinan Presiden baru kedepan dapat mewujudkan cita – cita menjadi Indonesia Emas 2045.

Sementara itu, Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa dalam paparannya mengatakan, rencana besar menuju Indonesia Emas 2045 terdapat sejumlah isu strategis yang perlu disikapi bersama, baik infrastruktur, pengembangan SDM dan lainnya.

Pertama, kata Suharso soal target RPJMN jalan provinsi mestinya sudah mencapai 75 persen tahun 2024, Kabupaten/Kota 65 dan Nasional 100 persen. Bappenas kemudian menginisiasi pembentukan inpres jalan agar mendapat pendahuluan.

Kedua, mengenai penyediaan air bersih secara merata hingga ke rumah tangga dan daerah penghasil Gas di Indonesia wajib memanfaatkan dan disebut “Gas Kota”.

“Baru saja terbitkan inpres air bersih dan bisa eksekusi 2024. karena kota-kota tidak mampu membangun sambungan rumah, meski air bakunya ada. Gas kota, ini yang akan dimungkinkan daerah yang punya sumber gas sedang kami rancangkan dan inpres,” katanya.

Foto: GPriority