Porsche Tarik Semua Model Taycan Karena Masalah Rem

Jakarta, gpriority.co.id – Porsche mengumumkan penarikan kembali (recall) seluruh model Taycan di seluruh dunia. Penarikan ini dilakukan sebagai langkah pencegahan untuk memastikan keselamatan pengemudi dan penumpang, setelah ditemukan masalah pada rem depan.

Masalah yang ditemukan pada Taycan adalah potensi keretakan pada selang rem depan, yang dapat menyebabkan kebocoran minyak rem dan berkurangnya tekanan rem. Hal ini dapat meningkatkan risiko kecelakaan.

Menurut Porsche, penarikan kembali ini melibatkan semua model Taycan yang diproduksi antara tahun 2020 dan 2023. Jumlah pasti mobil yang terdampak belum diungkapkan, namun Porsche menyatakan bahwa masalah ini hanya terjadi pada sebagian kecil Taycan.

Pemilik Taycan di seluruh dunia akan dihubungi oleh Porsche untuk menjadwalkan perbaikan rem secara gratis. Mobil Porsche Taycan yang selang rem depannya bermasalah, lampu peringatan di dasbornya akan menyala.

Kalau lampu peringatan di dasbor menyala, pemilik kendaraan dianjurkan membawanya ke dealer. Jika lampunya menyala merah, maka pemilik kendaraan diminta menghubungi layanan Porsche dan tidak menggunakan kendaraan tersebut.

Mobil-mobil yang lampu peringatan pada dasbornya tidak menyala menurut perusahaan tetap aman untuk dikendarai.

“Kami melakukan beberapa analisis mutu internal dan menetapkan bahwa beberapa kerusakan bisa terjadi dalam sejumlah kasus,” kata manajer proyek Porsche Taycan Kevin Giek dilansir dari Autocar pada Rabu (27/6).

Menurut Giek, perusahaan telah mendesain ulang selang dengan panjang baru dan titik pengereman dan kinematik baru supaya masalah serupa tidak terjadi lagi.

Dia mengatakan bahwa masalah selang rem depan diidentifikasi pada kurang dari satu persen mobil Taycan yang dijual secara global sejak peluncuran pada 2020. Masalah itu ditemukan pada mobil-mobil Taycan di sejumlah negara, termasuk di Inggris.

Menurut Giek, kebanyakan masalah terjadi saat mobil dalam keadaan diam dan pesan peringatan kuning menyala saat mobil tidak dikendarai.

Penarikan kembali ini merupakan kemunduran bagi Porsche, yang telah memasarkan Taycan sebagai mobil listrik berperforma tinggi dan andal. Namun, langkah ini menunjukkan komitmen Porsche terhadap keselamatan pelanggannya.

Foto: Drivetribe