Profil UNSYIAH dan Prodi Yang Tersedia

Jakarta, GPriority.co.id– Berdiri pada tanggal 2 September 1961 Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH) menjadi perguruan tinggi negeri tertua di Aceh. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Nomor 11 tahun 1961, tanggal 21 Juli 1961.

Kemudian dikukuhkan oleh Keputusan Presiden Republik Indonesia, nomor 161 tahun 1962, tanggal 24 April 1962 di Kopelma Darussalam, Banda Aceh, UNSYIAH mampu membuktikan diri sebagai perguruan tinggi terbaik di Pulau Sumatera. Saat ini UNSYIAH memiliki lebih dari 30.000 orang mahasiswa yang menuntut ilmu di 12 Fakultas dan Program Paska Sarjana.

Sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi, UNSYIAH memiliki fungsi yang sangat strategis dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, baik untuk kebutuhan lokal, nasional maupun regional. Sebagai universitas Jantung Hati Rakyat Aceh yang mengutamakan mutu.

UNSYIAH mengintegrasikan nilai-nilai universal, nasional, dan lokal untuk melahirkan sumberdaya manusia yang memiliki keselarasan dalam antara IPTEK dan IMTAQ. Keseimbangan diantara keduanya menjadi komponen utama dalam menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, berbudi pekerti, menjunjung tinggi etika, estetika serta berakhlak mulia.

Diawali dengan pembentukan Yayasan Dana Kesejahteraan Aceh (YDKA) pada tanggal 21 April 1958 yang dibentuk untuk mengadakan pembangunan dalam bidang rohani dan jasmani untuk mewujudkan kesejahteraan dan kebahagiaan bagi masyarakat.

Selaras dengan ide tersebut, tanggal 29 Juni 1958, Penguasa Perang Daerah Istimewa Aceh membentuk KOMISI PERENCANA DAN PENCIPTA KOTA PELAJAR/MAHASISWA. Komisi yang dipandang sebagai saudara kandung YDKA ini mempunyai tugas sebagai komisi pencipta, badan pemikir, dan inspirasi bagi YDKA, sehingga komisi ini dipandang sebagai modal utama pembangunan perkampungan pelajar/mahasiswa.

Universitas Syiah Kuala memperoleh akreditasi “A” dari BAN-PT. Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) tersebut diperoleh sejak tahun 2015 sampai dengan saat ini. 

Daftar Fakultas dan Program Studi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Program Studi: Ekonomi Pembangunan, Ekonomi Manajemen, Ekonomi Akuntansi, Ekonomi Islam, dan Manajemen (PDD). Magister Akuntansi, Magister Manajemen, dan Magister Ilmu Ekonomi. Doktor Ilmu Ekonomi dan Doktor Imu Manajemen (Doktor Ilmu Manajemen).

Fakultas Kedokteran Hewan
Program Studi: S1 Pendidikan Dokter Hewan, Pendidikan Profesi Dokter Hewan (PPDH), S2 Kesehatan Masyarakat Veteriner, dan D3 Kesehatan Hewan.

Fakultas Hukum
Program Studi: Ilmu Hukum.

Fakultas Teknik
Program Studi: Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Arsitektur, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Geofisika, Teknik Pertambangan, Teknik Geologi, Teknik Komputer, dan Perencanaan Wilayah dan Kota.

Fakultas Pertanian
Program Studi: Agribisnis, Agroteknologi, Peternakan, Teknik Hasil Pertanian, Teknik Pertanian, Ilmu Tanah, Proteksi Tanaman, dan Kehutanan.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Program Studi:
Ilmu Pendidikan (Pend. Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Pend. Anak Usia Dini (PAUD), Pend. Kesejahteraan Keluarga, Pend. Guru Sekolah Dasar, Bimbingan Konseling, dan Ilmu Pendidikan).
Pendidikan IPA (Pend. Matematika, Pend. Fisika, Pend. Biologi, dan Pend. Kimia).
Pendidikan IPS (Pend. Ekonomi, Pend. Kewarganegaraan, Pend. Sejarah, Pend. Geografi, Pend. Seni Drama, Tari dan Musik).
Pendidikan Bahasa (Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia, dan Pend. Bahasa Inggris).

Fakultas Kedokteran
Program Studi: Psikologi.

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahun Alam
Program Studi: Matematika, Biologi, Kimia, Fisika, Informatika, Farmasi, dan Statistika.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi: Ilmu Politik, Ilmu Komunikasi, Sosiologi, dan Ilmu Pemerintah.

Fakultas Kelautan dan Perikanan
Program Studi: Ilmu Kelautan, Budidaya Perairan (Akuakultur), dan Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan.

Fakultas Kedokteran Gigi
Program Studi: Pendidikan Dokter Gigi dan Profesi Dokter Gigi.

Fakultas Keperawatan
Program Studi: Ilmu Keperawatan, Profesi Ners, dan Magister Keperawatan.

Universitas Syiah Kuala secara konsisten menghasilkan lulusan-lulusan terbaik. Sejumlah nama penting yang merupakan alumni PTN ini, diantaranya Ketua Komnas Perempuan Azriana N. Manalu, Mantan Bupati Gayo Lues H. Ibnu Hasyim, Mantan Gubernur Provinsi Aceh Irwandi Yusuf, dan masih banyak lagi. (Vn)

Related posts