Mengenal Universitas Sains Al’Quran (UNSIQ) Wonosobo

Jakarta, GPriority.co.id – Di Indonesia sekolah berbasis pendidikan Islam menjadi salah satu faktor penting yang menentukan pilihan seseorang dalam melanjutkan pendidikannya. Tidak heran jika institusi pendidikan berkonsep Islami seperti pesantren jumlahnya semakin banyak dari tahun ke tahun.

Namun, jika kebanyakan pondok pesantren lainnya menyelenggarakan jenjang pendidikan mulai tingkat Ibtidaiyah (SD) hingga Aliyah (SMA), Di Wonosobo, Jawa Tengah terdapat perguruan tinggi swasta Universitas Sains Al Qur’an (UNSIQ) yang mengadopsi pendidikan Islam dari pesantren.

UNSIQ didirikan pada tahun 1988 atas prakarsa Al Maghfurlah KH. Muntaha Al Hafidz, pengasuh Pondok Pesantren Al Asy’ariyyah Kalibeber Wonosobo dengan nama Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ). UNSIQ memiliki tujuan untuk mewujudkan pesantren luhur Al Qur’an.

Maka, berdasarkan SK Mendiknas RI Nomor 87/D/0/2001, berdirilah UNSIQ, sebuah nama perguruan tinggi yang berarti untaian mutiara, dan merupakan gabungan dari IIQ (Institut Ilmu Al Qur’an), Akper IIQ, dan STIE YPIIQ.

Dalam rangka menyiapkan pesantren luhur Al Qur’an tersebut, UNSIQ menerapkan sistem pendidikan yang memadukan mutiara luhur keunggulan pesantren dan keunggulan universitas modern. Sehingga, selain mahasiswa diajarkan ilmu terapan modern, juga dibekali dengan ilmu keislaman yang berasal dari pesantren.

UNSIQ merupakan pengembangan dari Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jawa Tengah di Wonosobo yang berdiri tahun 1988 berdasarkan Surat Rekomendasi Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (KOPERTAIS) Wilayah X Jawa Tengah. Kemudian pada tahun 1996 berdiri Akademi Keperawatan berdasarkan Surat Keputusan KAPUSDIKNAKES.

Selanjutnya disusul berdirinya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE-YPIIQ). Barulah pada tahun 2001 atas persetujuan Presiden RI K.H. Abdurrahman Wahid dan surat Mendiknas, UNSiQ secara resmi berdiri yang merupakan pengembangan dari 3 perguruan tinggi sebelumnya (IIQ, AKPER, STIE).

Tercatat, UNSIQ meraih akreditasi “B” dari BAN-PT berdasarkan SK Nomor: 3241/SK/BAN-PT/Akred/PT/IX/ 2017. Kampus ini juga memiliki 2 gedung kampus. Kampus pertama merupakan kampus pusat UNSIQ, berada di Kelurahan Kalibeber. Di kampus ini menyediakan beberapa fasilitas seperti: Masjid Al Furqon, Perpustakaan, Aula Al A’la, Klinik Nurussyifa, Pondok Pesantren Mahasiswa (Ponpesma) putri, Lapangan Basket, Lapangan Bulu Tangkis, Lapangan Voli, Student Centre, dan lain sebagainya.

Sedangkan di kampus dua yang berjarak sekitar 1 km dari kampus 1 digunakan untuk sebagian pembelajaran dari Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Beberapa fasilitas yang ada di kampus 2 antara lain: Masjid Baitul Qur’an KH Muntaha Al Hafidz, GOR Poedjiharjo, asrama mahasiswa program Tahfidz, dan lain sebagainya.

Daftar Fakultas dan Program Studi
UNSIQ yang semula hanya memiliki 2 fakultas, secara bertahap menambah program studinya di bidang keilmuan dan teknologi. Saat ini kampus yang meraih akreditasi A pada Program Studi Pendidikan Agama Islam itu memiliki 7 Fakultas dan 1 Program Pascasarjana.

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Program Studi: S1 Pendidikan Agama Islam, S1 Pendidikan Fisika, S1 Pendidikan Guru MI/ SD, S1 Pendidikan Bahasa Arab, dan S1 Pendidikan Guru PIAUD.

Fakultas Syariah dan Hukum
Program Studi: S1 Hukum Keluarga Islam, S1 Hukum Ekonomi Syariah, S1 Ilmu Al Qur’an dan Tafsir, dan S1 Ilmu Hukum.

Fakultas Komunikasi dan Sosial Politik
Program Studi: S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam, dan S1 Ilmu Politik.

Fakultas Ekonomi
Program Studi: S1 Akuntansi, S1 Manajemen, dan S1 Perbankan Syariah

Fakultas Bahasa dan Sastra
Program Studi: S1 Sastra Inggris dan S1 Pendidikan Bahasa Inggris.

Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Program Studi: S1 Arsitektur, S1 Teknik Sipil, S1 Teknik Informatika, S1 Teknik Mesin, dan D3 Manajemen Informatika.

Fakultas Ilmu Kesehatan
Program Studi: D3 Keperawatan, D3 Kebidanan, dan S1 Ilmu Keperawatan.

Program Pascasarjana
Program Studi: S2 Pendidikan Agama Islam, S2 Ilmu Al Qur’an dan Tafsir.
Saat ini UNSIQ sedang membuka pendaftaran PMB Gelombang 2 pada tanggal 01 Juni – 31 Juli 2022 dan Gelombang 3 pada 01 Agustus – 31 Agustus 2022. Formulir pendaftaran bisa dilihat di website resmi UNSIQ. (Vn)

 

Related posts