Program BPBL untuk 2.500 Rumah Tangga di Provinsi Banten

Penulis : Ponco | Editor : Lina F | Foto : ESDM

Jakarta, GPriority.co.id – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersinergi dengan Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) berikan Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) ke 2500 rumah tangga di Provinsi Banten. Bantuan tersebut merupakan salah satu program kelistrikan dari Kemen ESDM tahun anggaran 2023.

“Dari data tercatat, realisasi penerima BPBL di Provinsi Banten sendiri hingga 15 September 2023 telah tersambung sebanyak 2.160 rumah tangga,” ungkap Direktur Teknik dan Lingkungan M.P. Dwinugroho dalam acara Peresmian dan Penyambungan Pertama Program BPBL Provinsi Banten di Kota Tangerang Selatan, pada (20/9).

Lebih jauh Nugroho menjelaskan, khusus untuk Kota Tangerang Selatan direncanakan dilakukan penyambungan ke 92 rumah tangga yang tersebar di 2 kecamatan. Ditargetkan, secara keseluruhan program BPBL untuk 125.000 rumah tangga di seluruh Indonesia.

Selain meningkatkan rasio elektrifikasi, tujuan program BPBL diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup dan kemandirian masyarakat. Dengan memiliki akses listrik masyarakat penerima manfaat BPBL tidak lagi tergantung dengan tetangga karena ketidakmampuan biaya pasang baru.

Dalam kesempatan yang sama Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto mengatakan bahwa Program BPBL bertujuan untuk mencapai Rasio Elektrifikasi (RE) 100 persen demi menyejahterakan Masyarakat.

“Program BPBL, Program Lisdes (Listrik Desa), bisa menuntaskan Elektrifikasi, tidak boleh lagi ada satu rumahpun di Indonesia tidak punya listrik, karena adanya listrik mencerminkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Mulyanto.

Sementara itu, ditempat yang sama, dari pihak PT PLN (Persero) sebagai mitra Kemen ESDM, yang diwakili oleh EVP Penjualan dan Pelayanan Pelanggan Retail PT PLN, Tonny Bellamy menjelaskan, bahwa PLN mendapat penugasan dari Kementerian ESDM untuk menjalankan Program BPBL guna memberikan akses listrik bagi Masyarakat.

“Komitmen PLN untuk memberikan kontribusi dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat tidak mampu dan listrik untuk kehidupan yang lebih bai,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perindag Kota Tangerang selatan Heru, menyampaikan bahwa program ini merupakan wujud nyata perhatian pemerintah terhadap masyarakat.

“Kita berharap semoga program ini bisa memberikan banyak manfaat untuk masyarakat khususnya masyarakat Tangsel,” pungkas Heru.