Punya Spot Diving Terbaik di Indonesia, Divers Wajib Datang Ke Halmahera Selatan

Jakarta, GPriority.co.id – Sebagai negara dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia, tidak heran jika Indonesia memiliki potensi wisata laut yang menawan. Diantaranya ada pada kekayaan bawah laut yang mempesona hingga terkenal dikalangan penyelam mancanegara sebagai salah satu spot diving terbaik di dunia.

Bawah laut yang berada di Kabupaten Halmahera Selatan itu sering dijuluki surga karena memiliki wisata diving terbaik di Indonesia.

Kawasan yang masuk dalam wilayah Provinsi Maluku Utara ini merupakan destinasi yang banyak diminati oleh wisatawan dari eropa. Mereka adalah para pecinta diving yang melakukan penyelaman di beberapa pulau diantaranya di Kepulauan Guraici, Kepulauan Widi, Pulau Sali dan Kusu.

Banyak yang menyebut jika keindahan bawah laut Halmahera Selatan setara dengan Raja Ampat atau bahkan lebih baik. Hal ini karena perairan laut di sekitar pulau-pulau di Halmahera Selatan memiliki kesamaan dari segi keunikan lautnya.

Rata-rata pantai di tempat ini berpasir putih dengan laut biru dan jernih. Wisatawan tetap bisa melihat pemandangan bawah laut dari atas perahu. Selain itu terumbu karangnya juga masih sangat terjaga, banyak hiu karang, pari manta, makhluk-makhluk laut langka lainnya. Meski begitu, tiap pulaunya juga menyimpan keunikan.

Misalnya Kepulauan Guraici merupakan gugusan pulau-pulau kecil yang tidak berpenghuni. Pulaunya ditutupi pepohonan hijau dan memiliki pantai berpasir putih. Jika beruntung, wisatawan dapat melihat pari manta yang melintas di perairan Kepulauan Guraici.

Namun karena pulau ini tidak berpenghuni, wisatawan yang datang harus menginap di pulau terdekat, yakni Pulau Lelei. Pulau ini  berukuran lebih besar dan berpenghuni. Di sana terdapat cottage dan homestay yang bisa dipilih oleh traveler.

Selain diving di laut Kepulauan Guraici, pengunjung juga bisa datang ke Gusung Guraici. Ini adalah spot untuk melihat fenomena langka pasir timbul.  Fenomena ini bergantung pada pasang surut air laut. Ketika air laut surut, orang-orang dapat melihat pasir yang membentuk pulau kecil atau jalan ke tengah-tengah lautan.

Sedangkan Kepulauan Widi dikatakan sebagai kepulauan terindah di Provinsi Maluku Utara. Di Kepulauan Widi terdapat 99 pulau, 3 atol dan memiliki dua gugusan pulau yang dikenal nelayan setempat dengan Pulau Daga Gane ( berhadapan dengan Kecamatan Gane) dan Daga Weda ( berhadapan dengan Kecamatan Weda). 

Pulau ini menjadi surga bagi para nelayan sebagai sumber mata pencaharian mereka, karena mempunyai  potensi perikanan yang besar. Kepulauan Widi juga memiliki banyak spot wisata bawah laut dan menjadi surga bagi para penggemar diving dan snorkeling. Sesekali pengunjung dapat melihat hiu di sela-sela karang dan padang lamun.

Sedangkan Pulau Sali Kecil terkenal dengan makam keramat nenek moyang Pulau Sali yang berasal dari Tidore. Dinamakan Sali Kecil karena puluanya berukuran sangat kecil. Hanya diperlukan waktu dua jam untuk mengelilingi seluruh pulau.

Selain diving, Halmahera Selatan juga memiliki banyak objek wisata menarik di antaranya wisata melihat kupu-kupu dan burung (birdwatcing).

Bahkan saat ini, sedang dikembangkan destinasi wisata pantai yang ada di Selat Pulau Pogo–Pogo Bacan Barat, yang dapat ditempuh dengan speed boat dari Ibukota Kabupaten kurang lebih satu jam perjalanan. (Vn.Foto.Istinewa)

Related posts