Sawit Jadi Andalan di Desa Puntari Makmur, Morowali

Jakarta,GPriority-Selain nikel, Morowali dikenal juga sebagai daerah penghasil sawit.

Salah satu desa yang dikenal sebagai penghasil kelapa sawit adalah Desa Puntari Makmur.

Ditemui saat bimbingan teknis dan orientasi penguatan pemberdayaan desa sekaligus Munas ke-1 AKPSI 2022 di Mall ABC, Kepala Desa Puntari Makmur Irfan Bachroni mengatakan bahwa hampir sebagian besar mata pencaharian penduduk desa Puntari Makmur adalah petani sawit.

“Mereka mengelola perkebunan sawit seluas 600 hektar,” jelas Irfan Bachroni.

Untuk itulah bimtek sawit ini menurut Irfan sangat penting agar kehidupan petani sawit lebih sejahtera lagi. ” Salah satu jalan dengan memperbaiki tata kelola kelapa sawit nasional,” jelas Irfan.

” Karena rakornas ini untuk memperbaiki tata kelola sawit maka pembahasannya pun mengenai tata cara mengelola sawit yang baik dan benar. Ini sangat bermanfaat dan akan diaplikasikan serta sosialisasikan kepada masyarakat,” kata Irfan.

Irfan juga mengatakan bahwa sebagai kepala desa dirinya akan terus memotivasi para petani mengingat pada saat ini CPO harganya sangat turun akibat kelebihan stok. ” Sambil menunggu naik lagi, maka kami akan memberikan motivasi sehingga petani sawit tetap melakukan produksi, dan tetap memberikan kesejahteraan kepada masyarakatnya,”ucapnya.

Mengakhiri wawancara lrfan mengatakan tetap mendukung program Bupati Drs.Taslim melalui CPO. Karena CPO terbukti sebagai salah satu hasil perkebunan yang mampu meningkatkan PAD.(Hs.Foto.Hs)

Related posts