Selain Tanzania, Indonesia Sepakat Kerja Sama dengan Timor-Leste pada 4 Bidang Ini

Jakarta, GPriority.co.id – Setelah menerima kunjungan Presiden Tanzania, pada hari Jumat (26/1), Presiden Jokowi kembali menyambut kedatang Perdana Menteri (PM) Republik Demokratik Timor-Leste, Xanana Gusmao, di Istana Kepresidenan Bogor.

Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi atas kunjungan PM Xanana Gusmao ke Indonesia yang dinilainya sebagai bentuk kerja sama erat kedua negara.

Dalam pertemuan itu, Indonesia dan Timor-Leste saling memperkenalkan delegasi masing-masing. Setelah itu, keduanya juga melakukan penanaman pohon di halaman belakang Istana.

Presiden Jokowi dan PM Xanana, juga sepakat kerja sama bilateral dalam empat bidang. Pertama, kedua negara akan mendorong penyelesaian perundingan perbatasan Indonesia dan Timor-Leste.

Kedua, Indonesia dan Timor-Leste sepakat meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi. Presiden Jokowi pun menyambut baik komitmen Pemerintah Timor-Leste untuk menciptakan iklim investasi yang lebih baik melalui perjanjian perlindungan investasi.

Ketiga, Indonesia dan Timor-Leste juga bersepakat untuk mendorong kerja sama untuk meningkatkan infrastruktur telekomunikasi di kedua negara.

Keempat, terkait kerja sama di kawasan, Indonesia berkomitmen untuk terus mendukung keanggotaan penuh Timor-Leste di ASEAN.Selain itu, Presiden Jokowi dan PM Xanana juga membahas isu Myanmar, di mana kedua negara sepakat untuk mendukung Keketuaan Laos di ASEAN tahun ini dalam mendorong implementasi 5PC (Five-Point Consensus).

Foto : Humas Polri