Sukses Tepis Semua Pinalti Slovenia, Ini Profil Diogo Costa

Jakarta, gpriority.co.id – Kiper muda Portugal, Diogo Costa, menunjukkan performa gemilang di babak 16 besar EURO 2024. Ia berhasil menepis semua tendangan penalti pemain Slovenia, membawa Portugal lolos ke perempat final.

Costa, yang baru berusia 24 tahun, menjadi pahlawan Portugal di pertandingan ini. Di waktu normal, ia melakukan dua penyelamatan penting, termasuk menahan tendangan bebas pemain Slovenia di menit terakhir.

Puncak kegemilangan Costa terjadi di babak adu penalti. Dengan ketenangan dan refleks yang luar biasa, ia berhasil menepis tiga tendangan penalti Slovenia secara berturut-turut. Penampilannya yang gemilang ini pun mengantarkan Portugal ke babak selanjutnya.

Costa telah menunjukkan bakat luar biasa sejak usia muda. Ia memulai karirnya di GD Estoril Praias pada tahun 2013, dan kemudian pindah ke FC Porto B pada tahun 2016. Di FC Porto B, ia menunjukkan performa gemilang dan menarik perhatian tim utama.

Pada tahun 2019, Costa dipromosikan ke tim utama FC Porto. Sejak saat itu, ia menjadi kiper utama dan telah membantu timnya meraih banyak gelar, termasuk UEFA Champions League pada tahun 2022.

Costa juga telah menjadi kiper utama tim nasional Portugal sejak tahun 2021. Ia telah tampil di beberapa turnamen internasional, termasuk EURO 2020 dan Piala Dunia FIFA 2022.

Penampilan Costa di EURO 2024 ini telah menunjukkan bahwa dia adalah kiper kelas dunia. Ia pun diprediksi akan menjadi kiper utama Portugal selama bertahun-tahun yang akan datang.

Foto: Adeptos