Tekan Stunting, Bayi di Aceh Tamiang Ditimbang dan Diukur Secara Berkala

Aceh, GPriority.co.id – Upaya menekan angka Stunting di Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh, pemerintah daerah setempat secara berkala menimbang dan mengukur seuluruh bayi.

Kebijakan ini bagian dari sikap yang diambil pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang untuk mengintervensi pertumbuhan stunting yang disebabkan beberapa faktor, di antaranya kurangnya asupan gizi terhadap bayi.

Pj Bupati Aceh Tamiang, Asra saat meninjau langsung proses timbang dan ukur bayi di Posyandu Desa Seikuruk II, Kecamatan Seruway, bersama Ketua TP-PKK, mengatakan timbang dan ukur bayi ini sudah tuntas 100 persen dilakukan pada Senin, 25 Juni 2024, kemarin.

“Alhamdulillah, saya kira ini layak diapresiasi, karena dinas terkait bersama para datok penghulu, bidan dan kader Posyandu bekerja secara kompak guna memastikan seluruh bayi dan balita kita diukur tumbuh-kembangnya di bulan ini,” kata Asra, Senin, (1/7).

Selanjutnya, Kepala Dinas Kesehatan, Mustakim menambahkan, hingga pekan kemarin, Aceh Tamiang menempati peringkat kedua terbesar persentase pengukuran bayi dan balita pada bulan penimbangan tahun ini.

Ia menyebut, untuk saat ini Kabupaten Aceh Tamiang dan Aceh Tenggara hanya berselisih 0,32 persen pada capaian taget pengukuran bayi dan balita.

“Aceh Tenggara di angka 97,93 persen dan Aceh Tamiang di angka 97,61 persen. Hari ini kita telah menuntaskan keseluruhannya,” kata Mustakim.

Dikatakannya, sasaran pengukuran bayi dan balita di Kampung Seikuruk II berjumlah 85 bayi dan balita. Sementara jumlah sasaran bayi dan balita mencapai 153 bayi dan balita.

Mustakim memastikan, seluruh bayi dan balita sasaran diukur sesuai dengan standar yang berlaku.

Pada kegiatan Bulan Penimbangan Bayi dan Balita tersebut, kata dia, Posyandu juga membuka pelayanan kesehatan bagi para lansia.

Saat peninjauan kemarin, ia menyebut, sejumlah orang lanjut usia nampak sedang mendapatkan pelayanan kesehatan, seperti pemeriksaan dan konsultasi dari para tenaga kesehatan setempat.

Foto: Zulfitra/GPriority