Sumbar Akan Anggarkan Renovasi Anjungan di TMII 2023


Beberapa Anjungan Daerah di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) saat ini tengah direnovasi. Salah satunya yaitu Anjungan Sumatera Barat yang rencananya akan direnovasi secara total pada tahun 2023.

Staf Pengelola Lapangan Anjungan Sumatera Barat, Dodi Rostam mengatakan bahwa sebelum mengajukan anggaran untuk renovasi pihaknya akan mengajukan anggaran perencanaannya dulu, setelah disetujui maka anggaran untuk renovasi akan disetujui juga.

“Kalo seandainya anggaran perencanaannya disetujui, maka anggaran untuk renovasinya disetujui juga. Jadi anggaran perencanaanya kita anggarkan 2022, anggaran untuk renovasi 2023,” katanya, Kamis (30/09/21).

Untuk pengelolaannya, Dodi menuturkan bahwa Anjungan di bawah tanggung jawab Pemerintah Daerah masing-masing. Untuk Anjungan Sumatera Barat sendiri retribusi Pemda berupa penyewaan tempat, gedung, panggung, kios, saung, kursi, dan lain-lain.

“Kalo proggram kita kaya pekan, parade, kita dikasih waktu satu hari untuk menggelar paket khusus namanya itu pagelaran kesenian dari daerah Sumatera Barat, kita tunjuk kabupaten bergilirian tiap taunnya,” ujarnya.

Namun untuk di tahun 2020 dan 2021 pihaknya tidak menyelenggarakan pertunjukan apapun, sebab anggarannya direfocusing untuk penanganan Covid-19. Dodi menuturkan ada anggaran pun untuk perawatan Anjungan, seperti cat pagar , bangunan, kerusakan, dan lain-lain.

Begitu pula dengan kegiatan seperti preweding untuk pengantin Ia mengatakan dibatasi, sebab pihaknya juga tidak bisa menjamin pengunjung yang datang. Paling untuk preweding yang datang hanya ada satu dalam satu bulan.

“Karena preweding kita free kalo yang bayar tuh dia pake tempat seperti menggunakan tempat atau ruang make up. Baju ada ada di atas itu sekitar 50 ribu satu setel,” tuturnya.

Sebagai pengelola Anjungan, Dodi berharap bahwa Anjungan dibuka untuk umum. Kesenian dan kegiatan daerah bisa tampil lagi sehingga masyarakat umum dapat mengenali kebudayaan daerah di indonesia khusus Sumatera Barat. (Dwi.foto.dok.Pribadi)

Related posts