Survei: Sebagian Besar Gen Z dan Milenial Masih Bergantung Secara Finansial Pada Orang Tua

Jakarta, GPriority.co.id – Sebuah survei dari Pew Research Center asal Amerika Serikat, mengungkapkan fakta bahwa sebagian besar Gen Z dan milenial ternyata masih bergantung secara finansial kepada orang tua mereka. Gen Z pada survei ini berada pada rentang usia 18 hingga 24 tahun.

Survei tersebut menghasilkan bahwa lebih dari separuh Gen Z rentang usia tersebut, bertahan hidup berkat bantuan orang tua mereka untuk membiayai pengeluaran pokok rumah tangga. Sebagian besar Gen Z dan milenial bahkan masih sepenuhnya bergantung secara finansial pada orang tua mereka.

Fakta lain mengungkapkan bahwa hanya seperempat generasi Z yang mampu membayar seluruh tagihan mereka tepat waktu. Bahkan jumlah Gen Z dan milenial yang masih tinggal di rumah bersama orang tua mereka, lebih banyak dibandingkan generasi mana pun dalam sejarah saat ini.

Tetapi, bukan hanya mereka yang baru menginjak usia dewasa yang berjuang untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka. Hampir 1 dari 5 orang dewasa berusia 30 hingga 34 tahun meminta bantuan orang tuanya untuk membayar tagihan rumah tangga mereka.

Secara keseluruhan, hanya sekitar 45% dari kelompok usia 18 hingga 34 tahun yang benar-benar mandiri secara finansial dari orang tua mereka, menurut survei Pew.

Saat ini, sekitar 40% orang dewasa berusia antara 25 dan 29 tahun mempunyai gelar sarjana, dibandingkan dengan 24% pada kelompok usia yang sama pada tahun 1993.

Para ahli mencatat bahwa perubahan finansial dan budaya kemungkinan besar menjadi penyebab orang dewasa saat ini menunda pencapaian-pencapaian penting mereka. Ada hal-hal yang tidak mampu dilakukan oleh Gen Z dan milenial, dan ada pula hal-hal yang tidak mereka inginkan.

“Kita mungkin melihat generasi muda terus menunda pencapaian penting dalam bidang keuangan dan pribadi karena mereka tidak mampu membiayainya. Mereka akan menunggu lebih lama untuk menikah, mempunyai anak, membeli rumah atau memulai bisnis,” ujar kepala analis kredit di Amerika Serikat.

Foto : Freepik / BangkokClickStudio