Usul Bentuk Badan Khusus Air, AHY: Bukan Sekedar Birokrasi

Badung, GPriority.co.id – Menteri Agraria dan dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengusulkan dalam World Water Forum ke-10 untuk membentuk badan khusus air di Indonesia.

Menurut AHY, usulan tersebut bukan sekedar birokrasi. Namun, kata dia bagaimana manajemen pengelolaan air ini dapat berjalan lebih maksimal.

“Kita berharap ada sebuah badan, yang khusus menangani air ini yang memiliki kewenangan, otoritas, termasuk kapasitas untuk bisa mengelola air secara komprehensif termasuk tata ruang dan penyiapan lahan yang dikoordinasikan dengan berbagai kementerian, termasuk regulasinya disiapkan dengan baik termasuk kerja sama kolaborasi pemda daerah,” kata AHY dalam konfrensi pers di ITDC, Bali, Selasa (22/5).

AHY menyebut beberapa negara telah melakukan hal serupa (Badan Khusus Air). Dia berharap, usulan ini bisa jadi wadah besar bagi penataan manajemen air menghadapi krisis air.

“Kita bisa belajar beberapa pengalaman terbaik dari negara-negara yang sudah memiliki lembaga atau badan khusus air tersebut, seperti Kanada, Arab Saudi dan Afrika Selatan. Badan air nasional ini bertujuan untuk mengatasi dan mengantisipasi dampak-dampak yang berkaitan dengan krisis air,” tuturnya.

Kendati demikian, Ketua Umum Partai Demokrat itu mengatakan bahwa badan khusus air tersebut baru sebatas gagasan yang disampaikan dalam forum internasional. Dirinya mengaku, tidak memiliki kewenangan mengenai hal tersebut.

“Sekali lagi saya tidak memiliki kewenangan hanya menyampaikan ini di forum international, akademis bisa kita diskusikan dan kalau memang ada nilai baik dan positif,” ucapnya.

Foto: GPriority