Wapres Luncurkan RIPPP 2022-2041 dan SIPPP

Sorong, Gpriority.co.id – Empat point strategis untuk mendukung percepatan pembangunan Papua disampaikan Wakil Presiden (Wapres) KH. Ma’ruf Amin dalam Peluncuran Rencana Induk Percepatan Pembangunan Papua (RIPPP) 2022-2041 dan Sistem Informasi Percepatan Pembangunan Papua (SIPPP) pada Jumat (7/6). Untuk mendukung percepatan pembangunan Papua, Wapres menyampaikan empat point strategis.

Pertama menurutnya susun dan implementasikan desain program-program komprehensif yang berdampak langsung bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat di dalam kerangka RIPPP 2022-2041.

Kedua, Wapres mengimbau mengimbau agar pemanfaatan SIPPP dioptimalkan. Adapun ketiga, perluas pelibatan Orang Asli Papua (OAP) dalam penyusunan rencana aksi pembangunan percepatan Papua setiap periodenya demi memastikan terakomodasinya aspirasi dan kebutuhan masyarakat Papua.

Sementara yang keempat, dirinya meminta agar program ini terus memastikan proses percepatan pembangunan yang sedang berlangsung dapat berjalan dengan efektif dan berkelanjutan.

Peluncuran RIPPP dan SIPPP dilakukan dalam rangka pelaksanaan Otonomi Khusus Papua untuk melakukan percepatan program dan kegiatan di wilayah Papua, yang telah ditetapkan Peraturan Presiden Nomor 24 Tahun 2023 tentang Rencana Induk Percepatan Pembangunan Papua Tahun 2022-2041.

Sebagai informasi, RIPPP merupakan perencanaan terpadu antarsektor dan daerah yang mengedepankan prinsip pengelolaan keuangan yang baik, yang disusun bersama-sama dengan Kementerian/Lembaga (K/L), Pemerintah Daerah, dan tokoh masyarakat Papua yang mengedepankan prinsip pengelolaan keuangan yang baik. Adapun SIPPP adalah platform sistem informasi terintegrasi dalam kerangka RIPPP.

Foto : Setwapres