Wastra Indonesia Menyumbang 11 Persen Devisa Negara

Jakarta,Gpriority- Pada hari Kamis (22/8)Tepat pukul 10.00 WIB pameran Warisan yang berlokasi di Cendrawasih Hall resmi dibuka oleh Mufidah Jusuf Kalla selaku Ketua Dekranas.

Saat membuka acara, Mufidah mengatakan, Dekranas memberikan apresiasi kepada penyelenggara warisan karena ini menunjukkan kecintaan mereka kepada batik, tenun dan mutiara asli Indonesia atau dikenal dengan Wastra Indonesia.

Produk wastra Indonesia sungguh memiliki nilai jual tinggi di dunia internasional. Dan keunggulan ini harus dijaga dan dilestarikan. ” Produk Wastra telah memberikan kontribusi sebanyak 11 persen. Jumlah siginifikan namun masih perlu ditingkatkan,” ucap Mufidah.

Sektor kerajinan termasuk Wastra menurut Mufidah masih bertahan sebagai sumber devisa negara yang memiliki daya saing tingi. ” Saya mengharapkan pengrajin Wastra terus meningkatkan inovasi yang mampu memberi manfaat yang besar. Kami juga memahami kesulitan pengrajin dalam menjual ke pasar.Untuk itulah Dekranas akan terus melakukan pembinaan.

Langkah ini harus didukung oleh pemerintah dengan memberikan kemudahan akses pemasaran demi kemajuan ekonomi Indonesia,” tandasnya.

Diakhir sambutan, Mufidah berpesan agar kepedulian kepada Wastra Indonesia seperti yang telah dilakukan Mediatama terus ditanamkan kepada generasi milenial sehingga bisa berkarya dengan demikian Wastra Indonesia bisa terus bertahan di Indonesia.(Hs.Foto:Hs)

Related posts

Leave a Comment