180 Nominasi di API 2021

Untuk yang ke-6 kalinya, Anugerah Pesona Indonesia (API) digelar. Sama seperti penyelenggaraan 2020, di API 2021 ini masih dibayang-bayangi dengan pandemi. Meski demikian tidak mengurangi minat daerah untuk mengikutinya.

“ Berdasarkan catatan panitia, ada sekitar 136 daerah Kabupaten/Kota dari 27 Provinsi yang telah terpilih masuk dalam 180 nominasi pada18 kategori. Untuk penyelenggaraan kali ini Panitia Penyelenggara mencatat bahwa sebagian besar daerah yang menjadi peserta semakin aktif dan giat dalam melakukan kegiatan promosi dalam menarik dukungan masyarakat terhadap nominasi pariwisata kebanggaannya,” jelas  Chairman of Anugerah Pesona Indonesia Hiro Kristanto dalam siaran persnya secara tertulis pada 1 Agustus 2021.

Guna mendukung daerah-daerah tersebut berpromosi,Panitia Penyelenggara pun kembali bekerja sama dengan media partner termasuk Gpriority.co.id. Tidak hanya itu, panitia penyelenggara juga meningkatkan program promosi yang dapat digunakan untuk melakukan promosi.” Jika pada tahun sebelumnya hanya menggunakan e-flyers dan Video promosi di media sosial, maka tahun ini sudah dikembangkan lagi dengan menggunakan akun Biolink (kartu nama digital). Bahkan untuk tahun ini juga mulai semakin rutin dilakukan promosi melalui acara talkshow yang dikemas sebagai API Travel Talk yang dilakukan rutin pada setiap akhir pekan,” ucap Hiro.

Untuk tahun ini pula dilakukan penambahan jumlah anggota API Ambassador menjadi 9 orang, sehingga setiap API Ambassador bisa lebih fokus dengan hanya menangani 2 kategori. Adapun para API Ambassador memang sengaja disiapkan oleh Panitia Penyelenggara untuk membantu para peserta dalam melakukan kegiatan promosi kreatif bagi nominasi nya.

“ Semua peserta dipersilahkan untuk berkomunikasi dan berkoordinasi langsung dengan para API Ambassador jika membutuhkan bantuan dalam melakukan kegiatan promosi kreatif,” kata Hiro.

Pada kesempatan ini, Panitia Penyelenggara juga menyampaikan klasemen perolehan suara sementara untuk periode bulan Juli 2021. Pemungutan suara sendiri masih akan terus berlangsung hingga tanggal 31 Oktober 2021. (Hs.Foto.dok.API)

 

Related posts