Cara Aman Berinvestasi Secara Online


Bulukumba,Gpriority-Cara Aman Investasi Online merupakan tema yang diangkat dalam rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo.

Program Webinar yang digelar secara virtual pada 2 Agustus 2021 menyapa masyarakat Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Program kali ini menghadirkan 670 peserta dan empat narasumber yang terdiri dari Digital Entrepreneur dan Marketing Communication, Noviar Mamala; Direktur Eksekutif Asosiasi Pendamping Perempuan Usaha Kecil (ASPPUK) Nasional, Emmy Astuti; Peneliti Jalin Institute, Wahyu Chandra; serta influencer, Azhe Rachman. Adapun yang bertindak sebagai moderator adalah Rachman Pratama. Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi menargetkan peserta sebanyak 57.550 orang.

Pemateri pertama adalah Noviar Mamala yang membawakan tema “Mengenal Marketplace, Aksesibilitas, Jenis dan Fitur”. Menurut dia, marketplace atau lokapasar menjadi pilihan pelaku usaha untuk bisa meningkatkan penghasilannya di era pandemi. Jenis lokapasar di dunia digital masing-masing yakni, murni dan konsinyasi. “Berbeda dengan market murni yang diurus masing-masing pelaku usaha, di marketplace konsinyasi pihak pengelola akan mengurus seluruh proses penjualan,” katanya.

Berikutnya, Emmy Astuti menyampaikan materi berjudul “Peran Literasi Digital dan Fungsi E-Market dalam Mendukung Produk Lokal”. Ia mengatakan, persoalan saat ini, peredaran produk di lokapasar justru dipenuhi oleh barang-barang impor, bahkan hanya sekitar 10% merupakan produk dalam negeri. Hal ini terjadi karena banyak pelaku UMKM yang belum melek digital sehingga belum mampu memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan penjualannya.

Sebagai pemateri ketiga, Azhe Rachman membawakan tema tentang “Peran Literasi Digital untuk Mengubah Mindset Konsumtif Menjadi Produktif”. Menurut dia, belanja online banyak dilakukan warganet lantaran kemudahan lokasi, banyaknya pilihan, dapat membandingkan harga, tersedia pilihan transaksi, serta terdapatnya penawaran diskon dan promo menarik.

Adapun Wahyu Chandra, sebagai pemateri terakhir, menyampaikan tema mengenai “Cara Aman Berinvestasi Online”. Ia mengatakan, perkembangan teknologi digital turut memudahkan seseorang untuk berinvestasi, bahkan telah beragam pilihan instrumen untuk menanamkan uang di dunia maya. Beberapa keuntungan investasi online, misalnya prosesnya cepat, bisa dilakukan di mana saja dan tanpa perantara pihak ketiga, jumlah investasi fleksibel, serta unggul dalam transparansi penyimpanan dana.

Setelah pemaparan materi oleh semua narasumber, kegiatan tersebut dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu moderator. Terlihat antusiasme dari para peserta yang mengirimkan banyak pertanyaan kepada para narasumber. Panitia memberikan uang elektronik senilai Rp 100.000 bagi 10 penanya terpilih.

Program Literasi Digital mendapat apresiasi dan dukungan dari banyak pihak karena menyajikan konten dan informasi yang baru, unik, dan mengedukasi para peserta. Kegiatan ini disambut positif oleh masyarakat Sulawesi. “Aspek apa saja yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan literasi digital di sektor bisnis,” tanya Desy Alberto yang merupakan salah satu peserta dari kegiatan Literasi Digital di Bulukumba. Menurut Azhe Rachman, pelaku bisnis sejatinya harus bisa meningkatkan kemandiriannya dalam melakukan usaha secara online, misalnya dengan memanfaatkan media sosial dalam mempromosikan produknya.

Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi akan diselenggarakan secara virtual mulai dari Mei 2021 hingga Desember 2021 dengan berbagai konten menarik dan materi yang informatif yang disampaikan narasumber terpercaya. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti sesi webinar selanjutnya, informasi bisa diakses melalui https://www.siberkreasi.id/ dan akun sosial media @Kemenkominfo dan @siberkreasi, serta @siberkreasisulawesi khusus untuk wilayah Sulawesi.(Hs.Foto.dok.Dyandra Promosindo)

Related posts