Ada Gempa? Jangan Panik Dulu, Lakukan Hal Ini!

Warga Jakarta dan daerah sekitar heboh rasakan gempa di awal tahun 2022. Pasalnya, gempa tersebut sebabkan guncangan hebat. Karyawan di lantai atas, berhamburan turuni tangga darurat. Begitu pun warga yang berada di rumah, berlari keluar menghindari bangunan. Gempa yang datang buat kepanikan, semua orang buru-buru ingin selamatkan dirinya. Namun, tahu kah Anda, kepanikan saat hadapi gempa justru membahayakan. Berikut hal-hal yang harus dilakukan jika gempa melanda.

1.Tetap Tenang dan Berpikir jernih
Pertama, diri harus tetap tenang saat hadapi gempa. Sebisa mungkin, berpikir jernih agar bisa pergi cari perlindungan. Orang yang panik akan timbulkan masalah baru. Maka dari itu hilangkan rasa cemas yang berlebih.

2.Segera Keluar Ruangan
Langkah selanjutnya, pergilah keluar ruangan. Cari lokasi yang dirasa aman. Misal, cari lahan luas. Bila sedang berada di lantai atas segera turun tanpa berlari, perhatikan pula keselamatan sekitar. Jika sedang di dalam kendaraan, alangkah baiknya hindari pepohonan atau apapun yang berpotensi menimpa kendaraan.

3.Berlindung di Bawah Barang atau Benda yang Aman
Jika keadaan membuat Anda terjebak dan sulit keluar ruangan, berlindunglah di bawah barang atau benda yang aman. Seperti meja yang kuat, Anda bisa berdiam di bawahnya. Perhatikan barang-barang sekitar yang bisa saja menimpa kepala. Seperti; AC, lemari, dan Atap.

4.Hindari Sumber Api dan Listrik
Saat gempa terjadi, usahakan aliran listrik dalam keadaan mati. Begitu pula kompor yang ada di rumah. Jika masih memungkinkan untuk Anda matikan, maka lakukanlah. Namun, jika tidak memungkinkan, segera hubungi pihak yang berwenang. Hal ini harus dilakukan agar tidak menimbulkan masalah selanjutnya.

5.Hindari Pemakaian Lift dan Eskalator
Bagi yang ada di dalam gedung atau pusat perbelanjaan. Gunakanlah tangga darurat sebagai jalur evakuasi. Jangan sekali-kali Anda gunakan lift sebagai alat keselamatan. Ini sangat berbahaya. Mengingat, lift dan eskalator berasal dari aliran listrik. Saat gempa terjadi, listrik adalah hal yang wajib dihindari.

6.Hindari Runtuhan bangunan
Pastikan posisi Anda jauh dari reruntuhan bangunan. Matrial bangunan seperti beton, sangat membahayakan keselamatan diri Anda.

7.Pergi Menuju ke Tempat yang Lebih Tinggi
Pada masyarakat di dataran rendah, segera pergi menuju tempat yang lebih tinggi. Ini dilakukan sebagai upaya pencegahan terkena tanah longsor dan tsunami bagi daerah di pesisir pantai.

8.Gunakan Masker atau Penutup Hidung dan Mulut
Segera cari masker atau penutup hidung dan mulut, hal ini mencegah terkenanya sesak napas akibat debu reruntuhan bangunan.

Begitulah hal-hal yang harus perlu diperhatikan. Jangan panik! Terus berupaya berikan keselamatan diri sendiri dan orang sekitar. Dan jangan lupa untuk selalu berdoa minta perlindungan.(Ega.Foto.Canva)