Presidensi G20 Momentum Kebangkitan Budaya Indonesia

Indonesia kaya dengan nilai seni dan budaya. Untuk itulah melalui Presidensi G20, Pemerintah Indonesia ingin menjadikannya sebagai momentum showcase kemajuan Indonesia berbasis budaya bangsa.

Salah satunya melalui Tulola Designs. Tulola Designs  merupakan salah satu produk buatan Indonesia yang menginterpretasikan nilai budaya luhur ke dalam keindahan perhiasan. Tidak hanya melestarikan budaya, Tulola juga melestarikan keterampilan para pengrajin asli Indonesia. Karya yang dihasilkan menggambarkan nuansa keberagaman Indonesia.

Sebagian besar penggerak bisnis Tulola Designs adalah wanita. Tulola membangun lingkungan kerja yang mendukung potensi wanita untuk berkarya dan berdaya selaras komitmen G20 Women’s Empowerment. Bersama dengan Sri Luce Rusna, Happy Salma  dan Franka Franklin Makarim (, Tulola menjadi suatu bisnis khas Indonesia yang tumbuh secara eksponensial.

Lewat karya seni anak bangsa diharapkan nantinya tamu negara dan delegasi G20 dapat mengenal lebih jauh kekayaan bumi nusantara.

Selain Tulola Designs, Kementerian Perdagangan juga akan memperkenalkan produk UMKM-UMKM lainnya yang menjadi ciri khas Indonesia, sehingga para delegasi yang datang akan senang mendapat cinderamata khas Indonesia.

Sementara itu, Kementerian pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah meyiapkan berbagai macam seni pertunjukan Indonesia. Menurut Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, pertunjukan ini untuk memperkenalkan kebudayaan Indonesia kepada delegasi dan juga dunia.

“ Selain wisatanya, Indonesia kaya akan budaya. Inilah yang menurut Bapak Presiden Jokowi harus ditonjolkan saat penyelenggaraan G20.  Jokowi berharap budaya-budaya tersebut akan membuat delegasi terkesan dan makin dikenal mancanegara,” tutup Sandiaga Uno.(Hs.Foto.dok.Setkab)

Related posts