Ada Kota Raksasa di Pinggir Jakarta

Ini bukan kabar hoax yang diberikan, karena informasi ini berasal dari laman resmi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada Senin (6/9/2021).

Dalam laman tersebut, Agung Sedayu grup sebagai pengembang Pantai Indah Kapuk (PIK) memang tengah membangun kota raksasa baru di pinggir Jakarta atau lebih tepatnya di Kawasan Pantai Utara (Pantura) Kabupaten Banten yang terletak di wilayah Dadap Kosambi.

Masih dalam laman tersebut, kota raksasa yang diberi nama PIK 2 ini akan dibangun di atas tanah yang memiliki luas hingga  2.650 hektare. “ Tanah  yang meliputi area Cituis (Pakuhaji), Tanjung Pasir (Teluk Naga), Tanjung Kait (Mauk), hingga Kronjo, membentang di pesisir Pantura Tangerang sejauh 51 Km akan dibangun kawasan bisnis hingga hunian rumah dan apartemen dan lainnya. Tidak hanya itu, di dalam kota yang diproyeksikan sebagai “New Jakarta City” ini akan dilengkapi pula dengan pembangunan jalan tol yang bisa menghubung ke mana saja termasuk Bandara Soekarno-Hatta yang letaknya tidak jauh dari pembangunan kota raksasa ini,” tulis isi dari laman tersebut.

Guna mewujudkan pembangunan jalan tol tersebut, kabarnya pihak pengembang telah menjalin kerja sama dengan Kementerian PUPR. Bahkan melalui skema KPBU, PUPR telah mengganggarkan Rp.`18,51 triliun. “ Ya ini akan menjadi jalan tol yang akan memotong kawasan pesisir Kabupaten Tangerang dan membuka akses perekonomian bagi wilayah tersebut,” kutip isi dari laman resmi PUPR.

Proyek  yang akan dikerjakan oleh PT. Duta Graha Karya ini direncanakan akan memiliki 7 interchange, 2 junction, dan 1 on ramp. Selain itu, akan terdapat 4 jembatan dan 5 underpass. (Hs.Foto.Istimewa)

Related posts