Antisipasi Karhutla yang Masih Mengancam Kalsel

Antisipasi Karhutla Yang Masih Mengancam kalsel

Kondisi geografi Kalimantan Selatan terdiri atas dua ciri utama, yakni dataran rendah dan dataran tinggi. Kawasan dataran rendah kebanyakan berupa lahan gambut hingga rawa-rawa, sedangkan potensi kebencanaan yang dapat terjadi setiap tahun yakni bencana banjir dan Karhutla.

Untuk itu, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bergerak untuk mengantisipasi dan menanggulangi  Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) agar tidak terjadi kembali.

Di Kalimantan Selatan, musim kemarau kerap terjadi Karhutla, baik yang disengaja maupun faktor alam.

Kepala BPBD Kalimantan Selatan, Mujiyat mengatakan bencana asap Karhutla tersebut patut menjadi pelajaran dari tahun-tahun sebelumnya.

“Angka Karhutla di Kalimantan Selatan dari tahun ke tahun mengalami penurunan, karena kita sudah belajar dari kenyataan kejadian, sehingga kita koordinasikan dan percepatan bantuan dari pusat menurunkan helikopter dalam penanganan di medan yang berat untuk dijangkau oleh armada darat,” katanya, Rabu (13/10/2021).

Mujiyat mengatakan Bantuan pengadaan helikopter telah hadir sejak bulan sebelum musim kemarau, sehingga dapat mengatasi ketika ditemukan titik api. (Dw.foto.dok.Humas Kalsel)

Related posts