Anugerah Desa Wisata 2021 Memulihkan Pariwisata Indonesia

Jakarta, Gpriority-Melalui akun You Tube miliknya, Kemenparekraf pada Jum’at malam (30/4/2021) melaunching anugerah Desa Wisata 2021.

Dalam sambutannya, Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan,Desa Wisata menjadi salah satu program unggulan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk memulihkan pariwisata di tengah pandemi COVID-19. Dalam langkah mengembangkan desa wisata Tanah Air, Kemenparekraf meluncurkan Anugerah Desa Wisata 2021.

Lebih lanjut dikatakan Sandiaga Uno,Anugerah Desa Wisata Indonesia bertajuk ‘Indonesia Bangkit’ ini merupakan penganugerahan desa wisata terbesar di Indonesia. Dalam proses pengembangan desa wisata ini, Sandiaga menargetkan terbentuknya lebih dari 500 desa wisata dari 75.000 desa di seluruh Indonesia.

Terkait desa mana saja yang menjadi nominasi, Sandiaga Uno mengatakan semua desa wisata.Untuk itulah beliau meminta kepada Bagi masyarakat atau pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif yang ingin tergabung ke dalam jaringan desa wisata resmi di Indonesia, dapat mendaftarkan diri melalui situs resmi Jaringan Desa Wisata Jadesta.com. Peserta dapat melakukan pendaftaran mulai 7 Mei hingga 26 Juni 2021.

” Nantinya desa tersebut akan dinilai berdasarkan 4 pilar pengembangan pariwisata berkelanjutan yakni pilar tata kelola, ekonomi lokal, pelestarian lingkungan dan kebudayaan,” jelas Sandi.

Sandi dalam sambutannya juga mengatakan bahwa dalam anugerah ini ada 7 kategori yang dilombakan yakni homestay, toilet, suvenir, desa digital, CHSE, content kreatif, dan daya tarik wisata.

Mengenai nominasinya,Sandi mengatakan akan terus di-update melalui medsos Kemenparekraf usai pendaftaran selesai.” Dan untuk nama pemenangnya akan diumumkan pada 7 Desember 2021,” tutup Sandiaga Uno.(Hs.Foto.dok.Kemenparekraf)

Related posts