Apa Itu Kacang Lentil?

Lentil merupakan jenis kacang-kacangan yang termasuk dalam kelompok kacang Legume. Bentuknya menyerupai jagung dan bisa dijadikan sebagai makan pokok pengganti nasi.

Kacang lentil terdiri dari beragam warna mulai dari coklat, hijau, kuning, merah, hingga beluga. Mengandung zat gizi protein yang tinggi, dan rendah serat juga lemak, membuat lentil menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang menganut pola makan vegetarian.

Selain itu, kadungan nutrisi kacang lentil sangat berlimpah seperti thiamine, niacin, vitamin, folat, zat besi, magnesium, fosfor, potasium, mangan, zinc, dan copper.

Hal tersebutlah yang membuat kacang lentil kaya akan manfaat, salah satunya yaitu kandungan lentil yang tinggi serat dapat melancarkan pencernaan sehingga menghindari risiko mengalami konstipasi.

Antioksidannya yang tinggi dapat membantu memangkal radikal bebas, kandungan polifenolnya juga dapat menurunkan kadar gula dalam darah, menurunkan resiko penyakit jantung, dan maanfaat lainnya.

Adapun untuk cara mengolah kacang lentil bisa dibilang cukup mudah, yaitu letakkan lentil pada panci berisi air dan garam, kemudian didihkan dan diamkan selama 15-20 menit.

Hasil akhir perebusan akan membuat lentil menjadi lunak atau masih sedikit garing. Setelah direbus, cuci di air dingin untuk menghentikan proses masak. Setelah diolah, lentil bisa dikonsumsi seperti halnya nasi atau menjadi campuran dalam sup. (Dw.foto.dok.Istimewa)

Related posts