Yoghurt Yunani Beda Dengan Yoghurt Lain

Yoghurt merupakan hasil fermentasi susu menggunakan bakteri asam laktat. Hasil yang terbentuk berupa susu yang menggumpal dengan rasa asam yang khas.

Sekarang ini banyak produk yoghurt yang dijual di pasaran, dengam menyajikan berbagai macam varian dan juga rasa. Namun pernah kah Anda mendengar yoghurt Yunani atau Greek Yoghurt?

Yoghurt Yunani diyakini lebih sehat dan manfaatnya lebih banyak dibandingkan dengan yoghurt biasa pada umumnya. Sama-sama difermentasi hanya saja yang membedakan adalah Greek yoghurt membutuhkan proses menghilangkan whey atau cairan bening di atas endapan susu dan cairan-cairan lainnya.

Maka dari itu, Greek yoghurt bertekstur tebal, creamy, dan asam karena melalui proses penyaringan fermentasi. Berbeda dengan yoghurt biasa yang teksturnya lebih encer, dan mudah diminum.

Untuk kandungan nutrisi seperti protein, yoghurt Yunani lebih banyak dari pada youghurt biasa. Yogurt jenis ini sering menjadi pilihan para vegetarian untuk menggantikan protein dari daging.

Yoghurt ini juga merupakan salah satu pilihan makanan sehat untuk diet rendah karbohidrat. Kandungan gulanya lebih rendah daripada yogurt biasa, namun tetap memiliki kadar vitamin dan mineral yang tinggi.

Kemudian kandungan natriumnya sekitar setengah dari jumlah pada yogurt biasa. Kandungan natrium yang rendah ini baik, karena jika terlalu banyak dapat meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan risiko masalah jantung lainnya.

Meskipun banyak kelebihan dari yoghurt Yunani, namun yogurt yang biasa memiliki kandungan mineral kalsium untuk penguat tulang dua kali lebih banyak dari yoghurt Yunani. Yogurt ini juga biasanya lebih mahal dari yogurt biasa dikarenakan lebih banyak susu yang dipakai dalam pembuatannya. (Dw.foto.dok.Istimewa)

Related posts