Apa Itu Penyakit Melena?

Sudah kenal penyakit Melena? Melena adalah kondisi feses bayi yang berwarna hitam karena tercampur dengan darah usus anak. Saat itu terjadi, apakah Si Kecil juga mengalami gangguan pernapasan dan tubuhnya lemas? Jika benar, artinya ia terserang melena.

Hal tersebut disebabkan oleh pendarahan pada sistem pencernaan bagian atas usus besar anak. Pergerakan usus anak mungkin jadi hitam atau kering, dan berbau tidak sedap. Kemungkinan juga fesesnya akan mengkilap atau lengket.

Lalu bagaimana cara mencegahnya?

1.Hindari NSAID atau Aspirin pada anak
Obat-obatan seperti NSAID atau aspirin bisa menyebabkan timbulnya pendarahan gastrointestinal. Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan tentang obat sakit lain yang aman untuk dikonsumsi anak.

2.Hindari mengonsumsi minuman yang mengandung kafein
Jangan sekali-kali memberikan atau membiarkan Si Kecil minum kopi pahit maupun yang latte. Kandungan kafein dapat mengiritasi perut anak dan lapisan perut atau ususnya juga bisa rusak.

3.Berikan anak beragam makanan sehat
Seperti buah-buahan (disarankan konsumsi secara langsung bukan jus/smoothies), sayuran, produk susu rendah lemak, daging tanpa lemak, ikan, dan kacang-kacangan seperti lentil.

4.Mintalah anak minum cairan tambahan sesuai petunjuk
Tanyakan pada dokter berapa banyak cairan yang harus diminum anak setiap hari dan cairan apa yang terbaik untuknya. Sangat disarankan mengonsumsi air putih untuk mmperlancar proses pembuangan dan mencegah melena pada anak. (VIA)

Related posts