Asyik,BLT Dana Desa Sudah Cair

Jakarta,gpriority-“ Saya peroleh kabar dari Desa Lele, Kecamatan Mandioli Selatan, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara.  Bahwa di desa tersebut telah melakukan penyaluran BLT yang bersumber dari Dana Desa sebesar Rp.600.000 perkeluarga kepada 60 keluarga miskin yang terdampak covid-19 untuk bulan pertama,” ucap Kepala Pusat Data dan Informasi, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Ivanovich Agusta pada Senin (27/4).

Selain Desa Lele, Pemerintah Desa Cangkuang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat, sejak Jumat hingga Sabtu (24/4-25/4/2020) juga telah melaporkan kepada Kemendes PDTT menyalurkan BLT Dana Desa.

Dalam laporan tersebut, Asep Nandang selaku Kepala Desa Cengkuang mendatangi langsung rumah keluarga miskin untuk membagikannya. Tujuannya agar tidak terjadi kerumunan warga serta mendukung program pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Di Kabupaten Kepulauan Sangihe, ada sebuah desa telah mencairkan BLT Dana Desa untuk 33 keluarga miskin pada hari Jumat (24/4). Senin (27/4) direncanakan pencairan dilaksanakan satu desa lainnya. Ivanovich Agusta juga melaporkan Di Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, pada Kamis (23/4) juga telah dilakukan penyerahan BLT Dana Desa untuk 224 keluarga miskin di Desa Bawangan dan Desa Kebonagung. Begitu pula dengan Desa Bawangan  yang telah mengalirkan Rp.205 juta untuk 114 keluarga miskin. Sedangkan Rp 198 juta di Desa Kebonagung disalurkan ke 110 keluarga miskin. Penyaluran secara non tunai berupa pengalihan dari Rekening Kas Desa (RKDes) di Bank Jatim yang ditransfer ke rekening masing-masing penerima di Bank BPR Jombang.

Ivanovich berharap bantuan tersebut bermanfaat bagi masyarakat di tengah Covid-19.(Hs)

Related posts