Badan Bau? Ini 5 Tanaman Yang Bikin Badan Wangi


Tubuh manusia seringkali menimbulkan aroma yang tidak sedap, tak hanya mengganggu aktivitas pribadi, bau badan juga dapat mengganggu orang di sekitar kita.

Selain itu rasa tidak percaya diri juga akan timbul disaat bau badan muncul. Penyebab bau badan biasanya kurang menjaga kebersihan diri, mengonsumsi makanan tertentu, hingga aktivitas yang menguras keringat.

Alternatif yang biasa dilakukan yaitu dengan menggunakan body mist, parfum, deodorant, dan lain-lain. Selain cara tersebut, kita juga bisa menghilangkan bau badan alami dengan memanfaatkan tanaman penghilang bau badan.

1. Daun Sirih

Daun sirih memiliki antioksidan dan senyawa antibakteri yang mampu mengusir bau badan secara alami, juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan rongga mulut, kebersihan organ vital, fungsi lambung, serta kesehatan kulit. Caranya yaitu dengan menggunakannya saat mandi. Selain itu juga bisa mengonsumsi air rebusan daun sirih secara rutin atau sesuai anjuran dokter.

2. Daun Kemangi

Tanaman tersebut mengandung senyawa antibakteri dan antiseptik. Caranya yaitu dengan minum rebusan secara rutin dua hari sekali atau sesuai anjuran dokter.
3. Temulawak

Temulawak mengandung zat sapomin, flavoinoida, dan minyak atsiri yang dapat menghilangkan bau badan. Caranya, minum rebusan rimpang temulawak yang telah dipotong-potong halus. Selain itu, parutan temulawak juga dapat dibalurkan ke seluruh badan, lalu didiamkan hingga kering kemudian bersihkan.

4. Daun Pacar Cina

Sama halnya dengan jenis daun yang sudah dibahas di atas, Daun pacar cina juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir bau badan, caranya dengan merebus daun pacar cina, atau bisa juga dicampurkan dengan daun sirih, lalu minum rebusan tersebut dua kali sehari.

5. Daun Jambu Biji

Kandungan mineral dan anti bakteri pada daun jambu biji akan membunuh kuman yang menyebabkan bau badan. Caranya dengan menumbuk halus beberapa lembar daun jambu biji, kemudian oleskan pada ketiak atau bagian tubuh lainnya. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih. (Dw.foto.dok.Istimewa)

Related posts