Bersantai Ria Di Pantai Pukan Bangka Belitung

Pulau Bangka terkenal akan pantainya yang memesona. Jika berlibur ke pulau pengghasil timah ini, maka tak sulit menemukan pantai-pantai indah dengan pasir putih dan air laut yang biru. Salah satunya Pantai Pukan.

Pantai Pukan terletak di  Jalan Lintas Timur, Desa Air Anyir , Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pantai ini memang belum sepopuler Pantai Parai atau Pantai Tanjung Pesona. Namun, keindahannya tak perlu diragukan.

Pantai ini berhadapan langsung dengan Selat Karimata. Uniknya, walaupun sudah lama ada, namun Pantai Pukan baru diketahui oleh warga setempat ketika pembukaan lahan untuk membuat jalan lintas.Dari Kota Pangkalpinang, Pantai Pukan bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat kurang dari 15 menit saja dengan jarak sekitar 5 kilometer.

Pukan dalam bahasa Bangka artinya adalah mukat atau mencari ikan dengan menggunakan jaring yang ditebarkan ke laut. Dulu, daerah Pantai Pukan memang terkenal dengan banyaknya ikan.

Saat menginjakkan kaki di pantai ini, maka pengunjung akan disuguhi dengan panorama pantai yang sangat landai dan deretan pohon cemara yang membuat suasana terasa sejuk dan segar. Hamparan pasir putihnya sangat luas. Saat air surut, Pantai Pukan bak padang pasir yang hanya menyisakan genangan air di tengah-tengah.

Setiap sisi Pantai Pukan dilengkapi dengan pondok-pondok yang berlantaikan papan. Pondok ini dibangun agar pengunjung bisa bersantai sambil menikmati keindahan alam Pantai Pukan serta menyantap makanan bersama keluarga dan kerabat. (VIA)

Related posts